Pencitraan oh Pencitraan

Siang ini kesebutlah satu kata itu sodara-sodara. Satu kata yang santer banget dilemparin ke politisi-politisi. Sebenernya, ane lumayan lama gak denger kata ini. Bahkan ane sempat berfikir kata ini udah abis diemplok dinosaurus. Tapi tadi siang abis sholat eh kok mak prucut kata-kata itu dengan santenya keluar dari mulut ane. Kata itu adalah Pencitraan.  Bukan, bukan penyanyi jebolan Indonesia Idol. Bukan sabun mandi jugak bukaaaan!.

Jadi ceritanya tadi siang ane ikutan ngerecokin temen-temen yang pada nyusun-nyusun dokumen caleg buat dikirim ke KPU. Lumayan kan dapet es jus gratis #eh salah niat. Kata temen ane sih biar dari parte kite "keliatan" rame, dan kalo diliput wartawan nampak indah dikoran, maka dipersiapkanlah pasukan khusus pengantar dokumen caleg ke KPU. Diarak gitu sih kayaknya, udah kaya penganten sunat lah pokoknya. Entah kenapa, denger kata-kata "biar keliatan" tuh bikin ane inget sama satu kosakata yang sebenernya udah ancur dalem perut dinosaurus. Pencitraan.
Kata "biar keliatan" itu berarti  aselinya gak begitu kan? Berarti dia "dicitrakan" agar nampak seperti apa yang mereka ingin. Misal ane pake baju yang motifnya kecil-kecil "biar keliatan" kurus. Nah berarti aselinya ane tuh gendut. Atau ane pake kacamata "biar keliatan" pinter, berarti aselinya ane tuh pinter banget. Ya gitu deh, paham kan mangsud ane?

Etapi, tadi siang jugak pas ane selow bin woles dan intip-intip temlen, ane liat twitnya mbak @desti_purnama yang bilang kalo >> "Pencitraan  ... means being the real positive" dan dengan GeEr nya ane merasa turut menyumbangkan kata pencitraan ke mbak Desti #halah. 

Well setelah ane pikir-pikir, apa yang dibilang mbak Desti itu gak salah jugak sih. Pencitraan is not that bad. Tapi tergantung orangnya. Orang yang melakukan pencitraan bisa jadi menjijikan banget kalau dia bener-bener timpang sama apa yang dia citrakan. Dia nyuruh-nyuruh orang sholat, eh dianya asik maen angry bird. Dia bilang mencuri itu haram, eh dianya korupsi.

Nah tapi ada juga jenis pencitraan yang lain. Pencitraan ini lebih untuk memacu diri kita untuk menjadi sebaik yang kita citrakan. Karena pada akhirnya kita sadar bahwa pencitraan itu sifatnya sementara aja. Kayak idung mancung yang dikasih silikon. Sementara beb. yuuk #sambilmelambai #astaghfirullah

Akhirnya kita gak punya pilihan lain selain mewujudkan apa yang kita citrakan itu jadi kenyataan just like mbak Desti said "being real positive".

Dan setelah ane inget-inget sebenernya ane tuh sering banget pencitraan haha... #ngakaktujuturunan. Gimana enggak? pas ane siaran ane pasti pencitraan dong. Ngomongnya ditata, dikasih sedikit blush on biar cakepan, insting orang utan yang suka tereak-tereak rada diredam biar kuping pendengar gak panas. Pura-pura paham kalo narsum baru jelasin. Tapi itu semua proses. Itu semua bukan kepalsuan. At least ane gak keluar dari diri ane sendiri #pembelaan. Hanya mencoba menyingkirkan evil side yg masih sering menggelayut dipundak ane. Begitupun saat ngajar, nggak mungkin kaaan ane bertingkah childish di depan mereka, meskipun sbenernya ane ga terlalu berhasil sih membangun citra dewasa. But I do learn dari semua itu. Those positive sides also belong to me, I believe. Cuma mungkin porsinya memang lebih sedikit cekakakakak. Cuma di blog ini sih ane gak pencitraan... ane Penditaan :D.
Nah mungkin kalian juga pernah mengalami hal yang sama kan? udah ngaku aja nggak papa. Nggak usah pencitraan di depan gue #eh

Njuk kesimpulane opo yu? kesimpulannya ane setuju ama twitnya mbak Desti

Sumber gambar



Comments