mBatik Ternyata Bikin Ketagihan, WASPADALAH !

Kemaren hari Senin saya berkunjung ke Sogan batik buat melakukan sesi pemotretan (ceileee) hoho, tenang2 saya belum alih profesi jadi model . Yah dikit-dikit emang nampang sii tapi objek utama dari poto tersebut adalah proses pembuatan batik. Yupz benar sekale sogan batik itu adalah galeri batik yang terletak di dusun Rejodani, disana semua orang bisa liat proses pembuatan batik dan bisa ikutan batik course juga. Harganya ga terlalu mahal, untuk sekali batik course kita bakal dapet kaen sebesar 20x20cm yah se sapu tangan gitu lah, bayar Rp 70.000,-  trus kita bisa langsung belajar mbatik dah.

eeem, awalnya atuuut cz disana pengrajinnya udah pada expert, sedangkan saya? hanya seorang ababil ingusan yang tak tau apa-apa (sambil mimbik-mimbik nggujengi lolipop). Tapi ta apalah saya harus mencoba...

Dan inilah proses panjang berliku pembuatan batik yang saya lakukan... dan saya baru tahu proses yang panjang berliku ini bikin saya ketagihan, pengen dan pengen lagi padahal duit di kantong tidak mendukung dan saya hanya bisa pasrah... T.T
oke dah temanz yukz langsung aja cekibrot...

proses pertama pembuatan batik adalah (menggambar)

Hehe saya termasuk seniman penganut faham abstrakasi al ngawuri sebuah faham yang hanya di anut oleh orang2 tertentu dan baru ditemukan di sogan batik senin 28/3/2011.. haha (saya sendiri penemunya)
jadilah saya menggambar gambaran yang menabrak norma perbatikan...temanya adalah cat paradiso.. (surganya kucing2)kalo kata bu endang yg jadi tutor saya waktu itu gambaran saya kaya gambar anak TK hiks T.T
coba bandingkan dengan artisan yang suda expert menggambar, beliau gambar motif batik asli. saya gambar kucing hehe

ahli
amatir
Setelah di gambar proses selanjutznya adalah di batik... hoho ini nih saat-saat yang mendebarkan...










untuk membatik, alat yang dibutuhkan adalah malam yg bentuknya kotak dijual kiloan, trus kompor kecil, untuk melelehkan malam, dan yang terakhir canting... eem simple kan...
cara membatik, kita tinggal nyiduk malam yang udah leleh pake canting. Harus pas ga boleh kebanyakan ka boleh kesedikitan, jangan lupa kita juga harus mangku koran supaya kalo pas malamnya netes ga bikin kotor rok kita.
Habis diciduk cantingnya di oser2ke (haduh ga ngerti bahasa indonesianya wkwk :p), biar malamnya nggak mblobor... nah abis ntu kita tinggal ngikutin garis yang udah kita gambar. Ga susah kok, tapi nggak gampang juga, tekanannya harus pas, jadi hasil batikan malam yang ada di bagian atas harus sama persis dengan batikan yang ada di kain sebaliknya.... dan itu memakan waktu, untuk nyelesin satu sapu tangan aja kita harus gotong  royong bertiga. Gimana kalo harus mbatik kain 1x2 meter bisa berbulan2... haha

Setelah selesai membatik dan yakin hasilnya OK, kita ke proses pewarnaan

awalnya di timbang2 dulu, di ukur konsentrasinya. Yang saya heran, kan saya minta warna ijo tapi sama bapaknya malah dikasih warna merah... saya sampe myakinkan beliau kalo saya pengen warna ijo
S:saya, B: Bapake yang ngasih warna

S: pak saya pengennya warna ijo lho
B: lha ini ijo (padahal itu warna merah, sumpah)
daripada ribut saya ngalah
S:Oo hehe ijo ya pak, yaudah deh (pasrah sambil hampir nangis)

Setelah warnanya di campur ke air ternyata bener warna merah temanz...tuuuh kaaan!!
B : Loh kok merah ya?
S : Iya pak (melas)

B: sim sala bim (sambil masukin ke cairan yang satunya )
S: Weeh kok bisa jadi ijo... ?(mesam mesem isin, kena deh saya)

Nah habis itu diterangin deh tentang proses kimiawinya ... saya cuma ber A-O ria... kayaknya pas saya dulu sekolah pernah denger istilah2 kayak gitu dah, indikator ,pemicu dkk .. sekarang ? (udah lupa tuh hoho)

Ni proses selanjutnya temanz... di rebus( woot direbus?) iyah di rebus fungsinya untuk meluruhkan malam...

TADAAAA inilah hasil garapan kami :)




Haha gimana? beneran kek anak TK kaaan ? Rame euy.
Bwat temen2 yang pengen ikutan blajar batik langsung aja ke sogan batik, di dusun rejodani... :). Di jamin seruuu, aseeeek dan bikin ketagihan...

Comments