Posts

Showing posts from December, 2013

Aku Adalah Luka

Image
Namaku Luka. Hadirku dihindari. Sering dibenci. Tapi, Tuhan memintaku untuk mendatangi makhluk ciptaan Nya. Manusia.
Kadang aku hadir dalam wujud sayatan berwarna merah yang menitik cair. Atau dalam bentuk lain yang tidak terlihat tapi rasanya jauh lebih hebat. Mereka menyebutnya sakit. Aku sering mendengar manusia merintih-rintih saat aku datang. Tapi aku bisa apa? Perintah turun langsung dari Tuhan yang juga menciptakanku. Sebagai Luka aku tidak mau durhaka.

Terimakasih Sudah Mengerti

Pagi tadi sebelum ngantor tiba-tiba kami (aku dan ibu) membahas masalah pernikahan. Kira-kira begini bunyinya.

"Ibu mulai ngumpul-ngumpulin duit buat kamu nikah nih. Waktunya kan udah..."
"Nggak lama Mi, paling taun depan" (muka santai)
(Muka nggak santai) "Emang udah ada calonnya?"
"Yah nanti kalau ada bule ngelamar, langsung dah"
"Bule dari mana? bule nyasar?" (muka mulai santai malahan ngomongnya sambil bercanda)
"Yah siapa tau ada yang tiba-tiba nyasar mau beli roti tempat kita" (masih becanda, dan sbenarnya bercanda adalah keahlian ane untuk mengalihkan topik dari hal-hal sensitif macam ini)
"Ibu mah terserah kamu aja, terserah Allah ngasihnya. Kalau dikasih bule nggak papa, tapi kalau ternyata enggak ya jangan terus nggak nikah"
"Iya mi, santai. Nikah tuh sebenernya murah lho. Bayar KUA paling cuma berapa. Tapi kebanyakan orang mikirin masalah image-image dan image sih" (serius ngajak diskusi)
"…

Taman Pelangi

Image
Dentum suara petasan membelah langit Jogja malam ini. Tak hanya itu, bunga api warna-warni yang entah disulut oleh siapa bertaburan indah mempercantik pekatnya langit kota. Gerimis tidak berhenti sejak satu jam lalu. Namun bukankah skenario Tuhan yang seperti ini maha sempurna? Langit indah dimalam hari ditemani rintik-rintik hujan di sebuah tempat yang penuh dengan lampion berbagai rupa saat pergantian tahun. Bukankah ini romantis? 
Aku duduk sendiri di atas bangku panjang berwarna coklat, di dalam sebuah kafe yang mau tak mau harus buka hingga dini hari. Ini malam tahun baru teman, tentu saja muda mudi baru keluar jam sembilan malam, dan mungkin enggan pulang hingga subuh. Kalau kafe ini tutup seperti jam biasa, berapa ratus ribu yang mereka buang sia-sia. 
Latte ku yang kedua. Aku berjanji pada Ibu untuk tidak banyak-banyak minum kopi, Aku ingin pesan secangkir lagi tapi  urung. Aku segera sadar ada yang harus kujaga, bukan hanya diriku sendiri, ada yang lain yang harus kupedulikan. …

Belajar

Maka di ujung sore itu aku belajar sesuatu
Menjadi perempuan baik-baik itu tidak mudah
Karena untuk jadi perempuan baik-baik aku harus berubah

My Mother , My Best Supporter

Image
Kalau mengenang hal ini rasanya geli sendiri. Kok bisa gitu kejadian kaya gini masuk dalam salah satu episode kehidupan ane?
Waktu itu Jogja lagi panas-panasnya. Ane masih duduk di bangku SMP. Kira-kira jam satuan habis istirahat... trotong trotong trotong... terdengar suara berisik-berisik dari suatu tempat. O mai Gad that's my mom sitting on the jok of our pespa (Dulu vespa ini satu-satunya kendaraan kami. Dan dia harus rela ditunggangin manusia-manusia segede gaban seperti ane, babe, dan tentu saja ibu. Alhamdulillah sekarang dia udah punya pemilik baru yang lebih kurusan. Selamat Nak!) Oke lanjut. Ada apa gerangan si Mamak tiba-tiba datang ke sekolah? perasaan paginya aku udah cium tangan kok. Jangan-jangan mau kasih uang saku tambahan. Asiiiik. 

Cinta Itu Dekat

Cinta itu dekat, dia bukan nama khayalan yang menggantung di angkasa

Yang katanya masih digenggam oleh Tuhan karena belum menjadi jatah kita

Dia bukan waktu yang belum tentu

Yang membuat kita lelah menunggu hingga senja berlalu

Dia bukan bait-bait rindu yang dititipkan pada angin

Yang tanpa kita sadar tak kunjung disampaikan karena angin tak ingin

Dia bukan lambaian tangan dari kejauhan

Yang tersering beda tujuan

Dia bukan suara gemuruh ombak yang kentara

Yang membuat hati berdebar penuh gelora

Cinta itu dekat, dia punya nama. Namanya ibu...

Yang jarang kita cari dalam hati karena bagi kita cinta tergantung di langit biru

Dia adalah wanita yang menunggu

Yang jarang kita hampiri karena takut cinta yang lama kita tunggu segera beralalu sebelum sempat bertemu

Dia adalah penyulam rindu lewat doa dan air mata

Yang tidak bisa kita lihat, karena angin mengaburkan pandangan. Membuat kita menitip rindu untuk cinta yang lainnya.

Dia adalah dekapan hangat yang menjaga

Yang sering kita te…

Wonder Buat Kamu (Pengumuman)

Membaca buku Wonder membuat ane bersyukur. Oh oke I've said that in the previous post. Itulah yang membuat ane pengen orang lain merasakan sensasi yang sama. Akhirnya ane memutuskan untuk memberikan buku yang habis ane beli ke orang lain. Harapannya buku itu nggak cuma berhenti di si penerima, tapi nanti bisa dipinjamkan ke orang lain lagi- dan bermanfaat lagi.
Kenapa nggak langsung ane kasihkan saja? karena ane pengen tau nantinya buku ini akan sebermanfaat apa :)
Alhamdulillah. Beberapa orang meramaikan giveaway yang baru pertama kali ane launch di blog. Sebelum-sebelumnya ane post di fb dengan hastag kamisberbagi. Dan berhubung ini baru pertama kali, masih banyak kekurangan dalam penyelenggaraannya. Salah satunya aturan yang berubah-ubah. Sebelumnya ane minta buat kirim jawaban via email terus ane inget loh blog kan ada feature komennya :D. Akhirnya ane ubah peraturannya untuk kmen diblog aja.
Makasih banget buat yang sudah berpartisispasi baik yang di email maupun di blog. Al…

REVIEW : "WONDER" by R.J Palacio

Image
Judul : Wonder Penulis : R.J Palacio Penerjemah : Harista Permatasari Penerbit : Atria Tebal : 430 halaman ISBN : 978-979-024-508-4 Harga : Rp 49.900,-
"Kuharap, setiap hari adalah Hallowen. Kita semua bisa memakai topeng setiap saat. Lalu kita bisa berjalan-jalan dan saling mengenal sebelum melihat penampilan kita di balik topeng."
Awalnya ke toko buku Social Agency untuk membeli bukunya Haruki Murakami yang Norwegian Woods. Tapi sayang stocknya kosong. Padahal harganya jauh lebih miring dari yang ada di Gramedia Madiun  :3. Ya sudah akhirnya puter-puter buat cari buku lain. Sempat hampir tergoda dengan buku ala-ala Korea yang menceritakan tentang nikah gantung, mengingat tahun depan ane pengen nulis novel dengan tema serupa. Tapi, ane pikir-pikir lagi "So, I Married The Anti Fan" sepertinya sudah lumayan cukup buat jadi referensi.

Tuhan Itu Gelap Atau...

Image
Apakah Tuhan punya kesukaan soal intensitas cahaya?

Seperti gelap atau remang-remang atau terang sama sekali

Apakah Tuhan lebih suka malam atau siang, atau dua duanya atau tidak sama sekali?

Atau... Tuhan bisa memilih yang lainnya, yang tidak pernah disukai siapapun?

Seperti memilih selain gelap yang sangat ku sukai misalnya

Dan Mau Nggak Mau Hal "Ini" Harus Dibahas Sama Ortu

Image
Ane memang tergolong dekat sama orangtua. Apapun ane obrolin kecuali satu hal yang sangat sensitif .JODOH. Haha nggak tau kenapa ane masih shy shy cat kalau harus ngomongin masalah ini dengan serius. Yah gimana ya, rasanya geli aja. Padahal kalau dipikir-pikir sangat penting untuk membuat orang tua paham dan menerima konsep pernikahan kita. Mereka tentu tidak akan sama dengan orangtua lain yang anaknya disamperin cowok tiap malem minggu. Ane, mau sampai kapan juga nggak bakal tuh disamper-samperin. Ya karena ane menganut paham tidak akan pacaran sebelum nikah. Tapi kalaupun ane menganut pacaran sebelum nikah sepertinya tetep nggak ada juga yang mau sama ane. Teman-teman malu bermain dengan ku hiks hiks (nangis goer-goer).

Big Theme Desember

Image
Waaaw tiba-tiba udah Desember. Ya, nggak tiba-tiba juga sih, sebelum ini udah pernah November kok. Tapi nggak tau kenapa kayanya Novembernya dikit banget. Kurang deh 30 hari. Ya sudah mari kita hadapi kenyataan bahwa Desember sudah datang dan sudah menginjak tanggal dua pula.