Tuhan Itu Gelap Atau...


Apakah Tuhan punya kesukaan soal intensitas cahaya?

Seperti gelap atau remang-remang atau terang sama sekali

Apakah Tuhan lebih suka malam atau siang, atau dua duanya atau tidak sama sekali?

Atau... Tuhan bisa memilih yang lainnya, yang tidak pernah disukai siapapun?

Seperti memilih selain gelap yang sangat ku sukai misalnya


Bisa dibilang aku pecandu kegelapan

Malam gelap. Siang apalagi

Hobiku mematikan lampu

Agar gelap menjadi ibu... dan aku bisa bersenang-senang di dalamnya

Bahkan entah mitos entah perasaanku,

Tapi aku merasa Tuhan berada lebih dekat saat gelap

Seolah-olah Ia berdiri tidak jauh lalu ingin mendekap

Maka aku merentangkan tangan juga dalam gelap

Agar kami bisa leluasa berdekapan

Lalu aku mulai terisak isak dalam gelap

Dia tidak menyakitiku sebagaimana terang melakukannya

Terang kadang kejam, dia suka menilai. Borok-borok akan terlihat lebih kentara saat terang mencuri bayang

Maka aku tidak akan bicara panjang lebar soal terang. Terlalu banyak sudah borokku yang dibongkarnya dengan kurang ajar.

Dan aku tergugu lagi, bukan karena Tuhan menyakitiku seperti terang, teman

Kau harus tau

Didekap itu mengharukan , percayalah!

Dan... berada dalam dekapan Tuhan paling mengharukan di antara seluruh dekapan di dunia.

Dalam gelap, Tuhan seperti mengerti tentangku

Dalam gelap, Ia seperti menghapus segala benciku terhadap pertanyaan-pertanyaan yang tak kunjung tertidur pulas di muaranya

Dalam gelap Tuhan selalu membawa jawaban

Dalam gelap Tuhan tidak menilai seperti terang

Dalam gelap Tuhan lebih dekat

Lalu setelah panjang lebarnya gelap-gelap yang ada di atas, apakah kita mulai bisa menyimpulkan bahwa Tuhan pun menyukai gelap?

Oh, tidak! aku sadar aku tidak bisa terburu-buru gede rasa dan menyimpulkan karena bagi temanku yang sangat mencintai terang,  Tuhan juga sangat menyenangkan di kala terang.

Jujur hal itu sedikit membuatku patah hati

Lalu sebenarnya Tuhan memihak siapa?

Aku tidak tau, aku bukan Tuhan

Mungkin Tuhan memilih yang tidak disukai siapapun

Dan lalu hadir dalam gelap dan terang dan remang karena ingin membuat kita senang



gambar : syairsiparapara.blogspot.com

Comments

  1. aku gak dengerin soundcloudnya._.v tapi ini beneran bagus loh, sayangnya pas bagian "Lalu setelah panjang lebarnya......" aku kurang nyaman aja bacanya, mungkin karena kepanjangan atau gaya bahasanya yang berubah(?)

    ReplyDelete

Post a Comment