Tetap Menang Meski Kalah


Holla holla...sore2 gini pas nonton Master Chef ane tiba2 inget dengan masa lalu....jadi adegan di Master chef nya itu adalah pemilihan siapa yg berhak masuk ke grand final, ada 3 orang di situ, Lucky, Agus, n Santiana.Yah seperti dugaan ene yang menang si Lucky. Wush pas itu expresinya si Agus ama Santiana keliatan kecewaaa banget. Well wajarlah ya siapapun kalo kalah pasti kecewa, yang penting jangan sampai kekalahan kita bikin kita jadi ga sportif, mencari kambing hitam bahkan putus asa.

Dulu ane juga pernah ada di posisi itu... ane ikut lomba pidato Bahasa Inggris se Jawa Bali, pesertanya ada banyaaak banget dan beberapa kontestan datang dari SMA-SMA Favorit. Ane siih sante bin cuek, karna memang ane merasa ane ada bakat di bidang ini. Ane ngrasa PD banget karna udah latian dengan maximal. Setiap lomba ane selalu berusaha se rilex mungkin, ga mikirin menang ato kalah... soalnya masalah menang/kalah itu adalah urusannya Allah swt.

Alhamdulillah, ane masuk ke babak final. Di babak final ini tema pidatonya di undi, dan ternyata ane dapet tema yg sama persis dengan tema untuk pidato di babak penyisihan... ahahah sipil bin gamping lah ya... ane udah apal cuma tinggal ngulangin doang. Ada 3 kontestan di babak ini, jadi sebenernya babak final ini cuma buat nentuin juara 123 nya aja... 2 kontestan lain musti mukir lagi karne tema mereka berbeda dengan tema di babak penyisihan... ane angkat 10 jempol (kalo ada) buat kontestan dari SMA Taruna Nusantara, dia bisa pidato dengan spontan, dengan grammar yg superb dan pronounciation yg outstanding. Tapi entahlah mungkin karena ane pinter nge gombal, applause dari penonton lebih banyak ke ane (bwakakak congkak tingkat dewa). Ane udah yakin nih bakal jadi juara 1....

Lhaaah tapi tak dinyana tak di duga, tiba2 panitia minta ane buat ambil undian lagi dan ngulang pidato...(WTC). Ane dapet tema yang ga pernah ane pelajari sebelumnya...OMG musti gimana coba???berbekal pengetahuan yang minim dan gaya ngebanyol yang oke, ane asal ngomong ajah, tau dah nyambung apa kagak, waktu itu temanya tentang Avian Influenza...(meneketehe ciin)...dan di akhir pidato ane cuma bisa jujur "well guys actually I just dont have a good preparation bout this subject. so if you would like to know more bout this just click www.google.com" wakakak edan kan? wis ah, nek arep dadi juara 3 ane juga uda pasrah...

Tibalah saatnya pengumuman, lombanya ada banyak waktu itu, Cerdas Cermat, Pidato, dll. Dari semua lomba Taruna Nusantara menyabet juara 1. Dan ane waktu itu menggondol runner up. Yang menarik adalah, ada satu anak dari taruna nusantara yang waktu itu satu ruangan penyisihan ma ane, dan dia ga menang. Dia kelihatan nangis dan ga mau diem sediiih banget, kecewa, marah, ga terima dan malu.

Ane tau perasaan dia pasti sakit banget.
1. Temen dia menang semua (ini beban mental)
2.TN terkenal sebagai pencetak para juara (ini beban mental juga)
3.Dia dididik untuk selalu jadi juara, dan mungkin sebelumnya dia emang ag pernah kalah (ini bikin dia shock)

Satu hal yang pengen ane tekankan disini, berusaha untuk jadi yang terbaik itu wajib, tapi kemenangan itu ga cuma saat lombanya aja. Setelah itu juga penting. Menata hati kita untuk tetap jadi pemenang. Salah satu caranya adalah percaya bahwa takdir Allah itu selalu yang terbaik. Kalah di pandangan manusia belum tentu kalah di mata Allah.

Kita boleh menekankan pada diri kita untuk terus jadi pemenang, tapi jangan sampai hal itu bikin kita terbebabni dan malah jadi ga sportif. Kekalahan sebenernya juga merupakan obat yang paling manjur untuk penyakit sombong . Saat kita kalah kita bisa introspeksi bahwa kita tuh ga perfect, se hebat apapun usaha kita ada Allah yang jadi penentu. Ketika kita menaaaaaaang terus dan ga pernah kalah kita akan merasa "gue geto loh",sekalinya kalah mewek deh, ga percaya, ga terima, meremehkan lawan (ga mungkin si A menang lebih bagus aku). Ya gitu deh terbangnya ketinggian, jatohnya jadi sakit.

Yang jelas menang atau kalah kita jadikan pelajaran semuanya. Yang menang jangan sombong, yang kalah jangan berkecil hati. Dan ketika lomba ane ga pernah berdoa minta menang, ane selalu minta yang terbaik... dan memang keputusan Allah adalah keputusan terbaik, apakah kita pantas menyangsikan keputusan Allah atas diri kita??

Comments