Hal Bermanfaat yang Dapat di Lakukan Oleh Muslim/ah ber-mobilitas Tinggi

Artikel ini (lagi-lagi) ane terjemahkan sebisanya dari sebuah ebook berbahasa negara asal calon suami ane Inggris (ngarep beud). Kali ini tentang hal-hal yang bisa di lakukan oleh muslim/ah bermobilitas tinggi.

Sebagai orang yang bermobilitas tinggi tentu saja kita sering menghabiskan waktu di jalanan. Terkadang kita bingung bagaimana membuat waktu selama di perjalanan menjadi lebih bermanfaat baik bagi kehidupan sekarang maupun kehidupan setelah mati. Di bawah ini beberapa hal yang dapat di lakukan untuk memanfaatkan waktu di perjalanan supaya lebih berkah (mak jleb2 banget soalnya biasanya di jalan ane cuma nyanyi2 doang... :3) 

  1. Ketika meninggalkan rumah jangan lupa baca doa bepergian.
"Bismillahi Tawakkaltu Alallah Laa Hawla Wa Laa Kuwata Illaa Billah"

Dengan nama Allah aku berserah diri pada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan selain dari Allah (HR Abu Daud, Tirmidzy dan Nasai)

2. Bacalah doa naik kendaraan.

"SubhanAlladzi Sakharalana haadza wa maa kunnaa lahu mukriniin, wa inna ila Rabbina La munqalibun "

Maha Suci Tuhan yang menguasakan kendaraaan ini kepada kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami

Selanjutnya di bawah ini merupakan hal2 bermanfaat yang dapat di lakukan berdasarakan jenis kendaraan yang kita naiki

Sepeda/ Motor:
Hal2 yang bisa di lakukan saat bersepedah atau bermotor ria

  • Hapalan Qur'an atau Murajaah :)
  • Merenungi dan mensyukuri ciptaan Allah---Pemandangan, hiruk pikuk jalanan, langit yang indah, dan masih banyak hal yang bisa mengingatkan kita pada "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang, terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang yang berakal" (Q.S.3:190)
  • Ingat Allah---masih berhubungan dengan poin di atas katakanlah subhanallah, Allahuakbar, Alhamdulillah atau kalimat2 tayibah yang lain yang sangat bermanfaat untuk mengisi waktu luang kita dan bisa menjadi tabungan kebaikan untuk akhirat kelak.
Mobil
Hal2 yang bisa di lakukan saat menyetir mobil atau ketika jadi penumpang ;)

  • Mendengarkan murattal Qur'an / nasheed
  • Kalau bisa usahakan untuk mendownload dan mendengarkan mp3 motivasi atau ilmu2 ke Islam an agar selama di perjalanan kita juga bisa belajar dan mendapat asupan ilmu yang baik :)
  • Kalau sedang jadi penumpang sebaiknya kita mencatat apa yang sudah kita dengr dari mp3 motivasi tersebut.
  • Tambahan dari ane (kalo laper silahkan makan)
Transportasi Umum

Hal2 yang bisa di lakukan saat naik bis, pesawat atau kereta

  • Baca buku: baca buku merupakan hal yang paling mudah di lakukan saat kita sedang ada diperjalanan... hal ini bisa membuat kita merasa seolah2 waktu cepat berlalu berasa cepet sampe tempat tujuan .
  • Buat agenda: ya Hal ini penulis pelajari dari David Allen dalam buku "Getting Things Done". Jadi selama di perjalanan buatlah agenda tentang apa apa saja yang akan kita lakukan saat meeting misalnya... sehingga meeting kita nantinya bisa lebih efektif karena kita sudah membuat list agenda dan tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengingat-ingat hal yang harus disampaikan.
  • Tambahan dari ane lakukan hobby seperti jepret2 moment langka... atau nulis hal2 unik yang dilihat yang nantinya bisa jadi bahan buat bikin artikel di blog :)
Segini dulu teman2 semoga bermanfaat dan semoga waktu kita di perjalanan tidak sia2 karena siapa tau malaikat maut menunggu kita di tengah jalan (serem mode:on)

semoga bermanfaat... saling mengingatkan yaa...

sumber: ebook (The Very Best of Productive Muslim) 

yang pengen ebooknya kalian bisa subscribe http://productivemuslim.com/ nanti kalian dikasih link untuk download ebooknya atau minta ane juga boyeh

Comments