Perjalanan Menjadi Guru #1 (Berawal dari MTs)

Ane mengucapkan Selamat Hari Guru untuk semua Guru ane dari TK sampai Kuliah. Mereka semua orang hebat dan mereka inspirasi buat ane yang sekarang juga jadi guru. Sebuah unpredictable obsession karena dulu waktu kecil cita-cita ane yang sebenernya adalah pengen jadi artis dan bermain film laga   (masalah film laga ane boong) Oke lanjut,nah cimuters di postingan edisi hari guru ini ane mau bikin cerita berseri tentang bagaimana ane bisa ngebet banget pengen jadi guru dan akhirnya kesampaian buat bisa jadi guru....sebuah perjalanan yang mengharukan (lebay) oke check dis out beibeh...

# Masa MTs (Madrasah Tsanawiyah)

Mungkin diantara temen-temen ada yang belum tau apa sih MTs itu? MTs adalah singkatan dari madrasah tsanawiyah sekolah yang setara dengan SMP tapi di handle oleh Departemen Agama dan Diknas tentunya. Banyak yang mengira kalau MTs itu sekolah swasta, pendapat itu tidak salah tapi ada juga MTs yang Negri, kayak punya ane misalnya ane masuk di MTs Negri Yogyakarta I. Apa sih beda MTs dengan SMP? ya pasti ada bedanya, yang paling kentara adalah di bagaian konten pelajaran. Siswa MTs mendapat pelajaran agama yang lebih banyak dari siswa SMP. Kalo siswa SMP paling pelajaran agamanya cuma sepekan sekali, di MTs bisa tiap hari. Hal itu karena pelajaran agama di MTs lebih spesifik, misal FIQH, Qur'an Hadits, Aqidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam dll di bahas sendiri-sendiri. Perbedaan yang kedua adalah masalah seragam. Di Mts siswa putri wajib memakai jilbab baik dengan terpaksa maupun sukarela akakakak... kalo di SMP bebas mo pake jilbab boleh enggak juga boleh. Nah itulah sekelumit tentang MTs.


Terus... what so special gitu??ada dong... tiga tahun disana (alhamdulillah yah ane naek kelas terus ) ada satu semangat yang ane dapet dan menghantar ane untuk jadi guru seperti saat ini...

bersambung...




Comments