Riwayat Singkat Ustadz Adaby Darban (Selamat Jalan Wahai Ustadz dan Guru Umat)


Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un
Sesungguhnya segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali pada Allah.

Hari ini ketika Umat Islam di seluruh dunia berbahagia merayakan hari raya Idul Adlha, sebuah kabar duka terselip menghampiri hand phone ane. 

Kabar duka itu datang dari Ustadz Ahmad Adaby Darban seorang guru, da'i dan sejarahwan Islam.Beliau meninggal dunia hari ini tanggal 6 November 2011 pukul 08.00 WIB di PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Sebenarnya secara pribadi ane belum pernah bertemu langsung dengan beliau, padahal beliau mengajar di Fakultas ane, Fakultas Ilmu Budaya UGM. Namun begitu banyaknya orang yang merasa kehilangan menggerakkan jari-jari ane untuk mencari tahu tentang siapa beliau dan sungguh dari riwayat singkat beliau ane tau bahwa hidup beliau selama di dunia, membawa berkah bagi banyak orang, beliau merupakan salah satu manusia wajib, manusia yang selalu di tunggu kehadirannya karena manfaat yang di berikan oleh beliau. Berikut ane copy paste kan riwayat singkat Ustadz Adaby Darban yang ane ambil dari blog pribadi beliau.


H. AHMAD ADABY DARBAN

( Riwayat Hidup Singkat )
Ahmad Adaby Darban lahir di Yogyakarta pada tanggal 25 Februari 1952, putera H.M. Darban AW dengan Hj.Sitti Aminah. Mengenyam pendidikan TK Bustanul Atfal Aisiyah Kauman, SD Muhammadiyah Ngupasan, SMP Muhammadiyah I dan pernah merangkap di Pendidikan Guru Agama (PGAN) Yogyakarta, kemudian melanjutkan ke SMA Negeri IV Yogyakarta. Perguruan tinggi yang dimasuki, pertama Kuliah di Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada (UGM), kemudian melanjutkan S2 Jurusan Humaniora Fakultas Pasca sarjana UGM (lulus 1987), dengan tesis “ Rifa’iyah; Gerakan Sosial Ke-
Agamaan di Pedesaan Jawa Tengah, Tahun 1850-1859”. Pada tahun 1990-1991 mengikuti Pra S3 di Monash UniversityAustralia.
Pada tahun 1982 diangkat sebagai Dosen Jurusan Sejarah Fakultas Sas-
tra UGM, pada tahun 1985 mendapat penghargaan sebagai “Dosen Te-
ladan” tingkat fakultas, dan pada tahun 1986 mendapat penghargaan
sebagai “Dosen Teladan II” tingkat Universitas Gadjah Mada. Ketika belajar di Australia pernah dipilih sebagai Presiden Persatuan Pelajar Indionesia di Australia (PPIA) Negara Bagian Victoria. Pada tahun 1992 –1996 mendapat amanah sebagai Ketua Jurusan Sejarah Fakultas Sastra UGM, kemudian pada tahun 1997 akhir –1998 diangkat sebagai Ketua Program Studi Kearsipan (Diploma III) di fakultas yang sama.
Mulai bulan Juni 1998 – Mei 2002 mendapat amanah bertugas sebagai
Pembantu Dekan III Fakultas Sastra UGM. Pada tahun 2003 – 2007 diberi amanah kembali menjadi Ketua Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM, dan mulai Februari 2008 – sekarang dipilih sebagai Pejabat Antar Waktu (PAW) Ketua Jurusan Sejarah.
Beberapa pengalaman yang pernah dijalani antara lain, mengikuti Kursus Al Kitab Hidup Baru sampai lulus (1970), Mengikuti Pelatihan Metodologi Penelitian Sosial-Keagamaan yang diselenggarakan oleh Ditjend. Pendidikan Tinggi (2000). Dalam organisasi kemasyarakatan
Pernah menjadi Sekretaris PR.Pemuda Muhammadiyah Sosrokusuman Danurejan pada tahun 1967-1969, Ketua Umum Pengurus Daerah Pelajar Islam Indonesia (PII) Kodya Yogyakarta ( 1974-1976). Pada tahun 1987-1995 dapat amanah sebagai staf Departemen Pembinaan Ruhani Pimpinan Pusat Lembaga Seni Bela Diri Tapak Suci Putera Muhammadiyah, kemudian sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah majelis Pustaka ( 1995-2000). Dalam organisai Profesi
Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Yogyakarta menjabat sebagai Seksi Penelitian & Seminar, kemudian dipilih jadi Ketua Umum MSI –DIY periode tahun 2000 – 2005.
Karya ilmiyah yang pernah ditulis/ buku dan diterbitkan antara lain:
1. Sejarah Lahirnya Pelajar Islam Indonesia (PII), (1976)
2. Fragmenta Sejarah Islam di Indonesia (1984) ( 2008 )
3. Snouck Hurgronje dan Islam di Indonesia (1985)
4. Peranserta Islam dalam Perjuangan di Indonesia (1988)
5. Biografi Nasional : DIY ( Angg. Tim Prof.Dr.T.Ibrahim Alfian MA)
6. Sejarah Umat Islam Indonesia (anggota Tim. Prof.Dr.Taufik Abdullah, 1989 )
7. Sejarah Kota Besar Yogyakarta(Angg.Tim Prof.Dr.Djoko Sukiman)
8. Historiografi; Sebuah Catatan perkembangannya (1992)
9. Biografi Sri Sultan Hamengku Buwana IX (Sebagai Ketua Tim, dterbitkan oleh IDSN Dirjen.Kebudayaan P&K, 1994).
10. Sejarah Kauman, Menguak Identitas Kanpung Muhammadiyah
Yogyakarta: Terawang, 2000).
11. Rifa’iyah; Gerakan Protes di Jawa Tengah 1850-1859 ( Terbit 2002 )
12. Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam ( karya bersama Mustapha Kamal Phasya dan Ahmad Adaby Darban, 2000 ) (2002-2004-2006)
13. Sejarah ‘Aisyiyah ( Sebagai Ketua Tim, 2004 )
14.Sejarah Lahirnya Orde Baru di Jogjakarta ( Karya bersama: Mar-
chaban Faqih, Ahmad Adaby Darban, dan Darto Harnoko, 1997 )
15.Jogjakarta Sebagai Ibukota Revolusi ( Karya bersama: Suhartono,
A. Adaby Darban, PJ. Suwarno, Darto harnoko & Yuwono, 2003 )
16.Kraton Jogjakarta, The History and Cultural Heritage ( angg.Tim
Dipimpin oleh Prof. Dr. Sitti Chamamah Soeratno, 2002 )
Ahmad Adaby Darban telah menikah dengan Hj. Indah Khusniati, dikaruniai 5 anak, yaitu : Ika Fatikhah, Rafiqa Hajar, Ma’rifatul Muja-
hidah, Ahmad Makky Ar-Rozi, dan Syarifah Haniem. Keluarga ini tinggal di Kauman Gm.I/355 Yogyakarta, 55122. Tlp. (0274)373426.

Bagaimana kawan? apa pendapat kalian tentang profil di atas?, semoga kita semua termotivasi untuk menjadi manusia wajib yang hari-harinya di penuhi dengan manfaat untuk sesama. Di usia beliau yang ke 59 beliau sudah berbuat banyak untuk ummat. Apa yang sudah kita lakukan?? ah sesungguhnya ane malu menulis ini karena ane sadar bahwa apa yang ane lakukan tak ada seujung kuku dari apa yang beliau lakukan. 

Selamat jalan Ust Ahmad Adaby Darban, semoga engakau mendapat tempat terbaik di sisi Allah, sesuai dengan yang telah engkau usahakan di dunia... aamiin

"Cimat Cimut mengucapkan turut berduka cita atas kepergian Guru kami, Da'i kami, Ust Ahmad Adarby Darban semoga arwah beliau di terima di sisi Allah dan keluarga yang di tinggalkan di berikan ketabahan dan kesabaran"

Comments

  1. Innalillahi w.i.r..
    orang yg istimewa (menurut Alloh) ketika dipanggilNya juga di waktu yang istimewa..

     

    ReplyDelete
  2. iya mbak bener, bisa pas idul adlha gini T,T anti uda pernah ketemu??

    ReplyDelete
  3. belum pernah dit..
    btw kog ane komen pake fb ga bisa ya dit? gmana caranya??

    ReplyDelete
  4. innalillahi....
    orang baik kebanyakan cepet dipanggilNYA... 

    ReplyDelete
  5. Iya pak bener... yah tapi semoga itu tidak menjadi alasan untuk kita menjadi tidak baik, biar ga cepet di panggil....

    ReplyDelete
  6. masya Allah...pribadi yg luar biasa ( apalagi SMA nya SMAN 4..hehehe)... the inspired ones

    ReplyDelete

Post a Comment