OMG Kirain Yang Namanya Dendam Cuma Ada di Sinetron Aja, Ternyata di Pengajian juga Ada

Nih cerita sebenernya aib banget, terutama buat ibu-ibu yang doyan pengajian. Gimana ga aib coba, forum pengajian yang seharusnya jadi majelis mulia untuk menimba ilmu, berubah fungsi jadi tempat rumpi dan tempat pamer, PARAHNYA dari forum ini jugalah terlahir perpecahan dan dendam yang berkepanjangan (capede). Wah parah lu Dhit... Masak lu nge judge pengajian dgn sebegitu kejamnya si ?.
Ane ngomong begini juga bukan tanpa sebab,,,,coba simak baek2 ceritanya...Di sini ane juga minta saran dari temen2 apa yg sebaiknya ane atau ibu ane lakuin...

Jadi kronologisnya begini cimuters...

tilulingluling (backsound ganti scene...kyk yg di parampaa)

Jaman dahulu kala, tepatnya beberapa bulan silam (ane lupa tapi kayaknya sih udah lebih dari satu semester). Di adakanlah perhelatan bernama pengajian di tempat salah seorang tetangga ane (jadi tempat ane tuh model pengajiannya di bagi kelompok2, kelompok depan, tengah ama belakang. Terus yang jadi tuan rumahnya gantian, misal: kalo bulan ini kelompok tengah, bulan depan kelompok depan/ belakang gitcuuu). Saat itu yang jadi tuan rumah adalah kelompok belakang. 


Kondisi aman terkendali, sampai akhirnya snack di bagikan. Di sinilah prahara bermula. Denger punya denger ada salah satu leader dari kelompok depan yang ngebuka kotak snacknya dan shock (ok ane berlebihan), yg jelas beliau kaget dengan isi snacknya yang tidak memuaskan, ga tau kenapa beliau nulis di kertas kecil yang di edarkan ke beberapa orang di samping kanan, dan kiri. 
Tulisannya begini:

Intinya:
 "Snack nya kok kecil-kecil ya?, martabaknya tipis..." (What The Cute...nih pengajian malah bahas snack).

Masalah bakal selese sebenernya kalo ibu2 yang di edarin kertas diem aja dan ga ngerumpi, tapi yang namanya wanita? yu no la... entah bagaimana caranya cerita itu (ibu2 yg ngedarin tulisan negatif tentang snack) bisa sampe ke kuping ibu -ibu yang ke jatah jadi tuan rumah...yang notabene nyediain snack buat pengajian. Kontan, lunas, tunai si tuan rumah ngerasa tersinggung dong.

Yang unexpected adalah si Ibu ini tersinggungnya sampe ke ubun-ubun meeen, beliau murka, sampe nangis-nangis segala. Intinya beliau merasa di lecehkan, merasa di rendahkan karena ga bisa kasih snack yang layak. Perlu di ketahui beliau ini orang mampu (banget), berkedudukan tinggi... ya gitu lah pokoknya secara materi beliau bisa di bilang tajir.

Tanpa ba bi bu, si Ibu yang merasa di lecehkan langsung nyamperin rumah ibu2 yang menyebarkan komen negatif tentang snack. Terus beliau marah-marah dan bilang yang intinya dia bisa kok kalo cuma suruh ngasih snack yg enak... bahkan sekalian ngasih makan malam juga bisa dan bla..bla...bla...

Sejak saat itu grup depan ama belakang jadi berlomba-lomba buat ngasih snack yang bagus, mewah, enak dan gedhe2 (ane siiih merasa di untungkan lha wong ane cuma makan). Sebenernya gapapa juga sih kalo mampu buat kasih yang terbaik buat tamu, kenapa tidak. Tapi kalo niatnya cuma buat nunjukin siapa yang paling hebat sih nay nay banget yaa. Ga enaknya lagi adalah si Ibu yang tersinggung ini jadi ogah berangkat pengajian. so saaaad T,T

Enam bulan berlalu...
tilulingluling (backsound ganti scene...kyk yg di parampaa level2)

Nah bulan desember ini grup belakang kebagian jadi tuan rumah lagi... terus si tuan rumah cerita ke ibu ane, yang intinya masih mengungkit kejadian 6 bulanan lalu... pokoknya beliau masih sakit hati sampe sekarang. Dan mau nunjukin kalo beliau juga bisa kasih makan malam.

Saat pengajianpun tiba, sebelum mulai akhirnya ibu-ibu di suguhin bakso dulu .. makan2lah, abis itu baru pengajian. Begitu ibu sampe rumah, seperti biasa ane langsung ngelirik kotak yang di bawa ibu... wooow gedhe... ane sekeluarga si cuma bisa bersyukur dapet snack yg gede gitu :p.(apakah ini termasuk efek dendam positif??)

Inti dari cerita ini adalah "keheranan ane tentang konsep dendam yang ane kira cuma ada di sinetron, kok ternyata ada di kehidupan nyata juga ya?"... 

Padahal bukankah...
Dari Anas bin Malik ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian saling memutuskan hubungan, jangan saling membelakangi, jangan saling bermusuhan, jangan saling hasud. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara. Tidak halal bagi seorang muslim untuk tidak bertegur sapa dengan saudaranya di atas tiga hari. (HR Muttafaq 'alaihi)

dan

Dari Abi Ayyub ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak halal bagi seorang muslim memboikot (tidak bertegur) dengan saudaranya di atas tiga hari, mereka bertemu, sebaik-baik mereka adalah yang memulai dengan salam (HR Muttafaq 'alaihi)

Ini ga bisa di diemin kaaan?? tapi ane juga ga atu musti gimana? ga mungkin juga kan ane yang masih umbelan ini tiba2 ke rumah si ibu2 yang bersengketa... terus ceramahin mereka... bisa di siram aer cucian beras entar.. kalo ada yg punya saran... tolong komen yak... thx cimuters ^^

sumber: hadits

"Tulisan ini ane pasang juga di kompasiana, dan komen beberapa temen ane pindahin kesini"


Comments

  1. HIx,,,,,ironiiiiii…yaaaa abis pengajiannya kayak arisan, pake disuguhin dan dioleh-olehin segala..heheh…dasar orang-orang kaya….mestinya disedekahkan atau dihadiahkan ke fakir miskin aja dus snack-nya….waalaaah….
    Bunda dukung cimacimut Dhita buat ceramahin mereka hihi atau titip pesan sponsor ke ustadzah atau penceramahnya hehe…waaah ini kala dibiarkan bahayaaa…bisa jadi riyaaaa…
    Jangan-jangan Kita dituduh ngerumpi nihhhh…
    ini contoh aktual…vote aktuaaaalllllllmoga jadi cermin untuk kita semuaaa…

    ReplyDelete
  2. klo ada ceramahnya di pengajiannya, knapa ga diunggah tuh topik penyakit hati karena prahara suguhan di pengajian. Hehehe… Sapa tau pada nyadar. 
    Btw, namanya ikut nimbrung di dalam perkumpulan, kita tidak akan bisa terhindar dari adanya omongan ga enak, baik itu bercanda atau tidak, bersifat spontanitas atau terencana. Lha namanya aja manusia… tau sendiri lah, gimana manusia itu. Klo kita ga siap dengan hal2 semacam itu, yah bisa jadi sakit hati mendengar omongan2 ga enak. Caranya gimana biar ga sakit hati, anggap aja orang itu emank bawel..

    ReplyDelete
  3. iya ni buuun…ane juga ampe ga habis pikir…mau pengajian apa mau cari snack siiih? efek negatif nya ada 2 bun 1. bisa riya kayak yg bunda bilang2.ibu2 yang ga terlalu wealth jadi, ogah di tempatin gara2 takut ga bisa ngasih snack yg layak.
    iya bun ane juga setuju mending tuh snack di kasih ke yg lebih membutuhkan. Untuk suguhan alakadarnya ajalah ya…kira2 kalo buat snack di samarata/ ato di batesin maksimal berapa rupiah gitu… gmana ya bun?? jadi semua sama…

    ReplyDelete
  4. sangkyu bang uda mampir. Iye kemaren ane juga uda bilang ke ibu begitu, kata ibu juga pas banget kemaren ini materinya tentang itu…. tapi oh nampaknya belun terlihat perubahan, yaaah semoga seiring berjalannya waktu hidayah itu dtg ya…aamiin y Allah.
    heheh,,,buat tipe org2 cuek si emang lebih enak y bang masuk kuping kiri keluar kuping kanan… tapi ibu yg satu ini sensitifnya setengah idup…jadi y emang gampang sakit hati..duh duh

    ReplyDelete
  5. Jadi kpikiran AAGym, pasti pas banget kalo diminta ngisi beginian :)) Undang beliau, Dhit. Kan pada kaya ^^

    ReplyDelete

Post a Comment