Ke Arab- Araban Vs Ke Barat-Baratan


Ane nulis tulisan ini gara-garanya ane sempet di bilang ke Arab2an. Padahal ane ga ngerasa ke Arab2an, bahasa Arab juga cuma bisa printilan-printilan doang :p. 

Nah masa cuma gara2 hal yang bakal kalian baca di bawah ini ane di bilang ke Arab2an sih? Emang kalo ane ke Arab2an kenapah? kalo enggak juga kenapah? kalo ane ke barat2an kenapah juga? kenapah kalian pusing?? emang kalian pusing??? # geloo.. mode:on

Baiklah...begini ceritanya...tulilulilung (backsound ganti scene)

Jadi ane mulai mengenal Islam tuh sekitar kelas 2 SMP gitu. Terus SMA mulai aktif dah di kegiatan-kegiatan ROHIS, nah organisasi ke Islaman yg ane ikutin pertama kali adalah FAROHIS Jogja, di situ ane rada kaget juga ama kulturnya, kalo mau rapat ane dapet undangannya bukan undangan rapat tapi undangan syuro' nah lo? apa pulak tuh syuro'. Setelah tanya sambil malu-malu ane baru tau oooh ternyata syuro itu artinya rapat to??seenggaknya itu yang ane pahami soalnya kalo tanya ama temen ane yang kuliah di sastra Arab,  1 kata bahasa Arab itu artinya bisa banyaaaak banget begitu, jadi kalo mau tau arti yg bener -bener bener silahkan cek kamus. Ok lanjutz.

 Selain kultur pemakain bahasa Arab yang se upil se upil kaya afwan, ane, antum, syukron, jazakillah, yarhamukillah, yahdikumullah, dll ane juga mulai di kenalkan dengan kultur rapat jauh-jauhan. Jadi di FAROHIS ini nih ane baru tau kalo yang namanya cewek ama cowok ga boleh liat2an, kalo ngomong harus mengalihkan pandangan ke tempat lain, misal nih ane mo ngomong ama si Fulan, si Fulan ada di depan ane... tapi jaraknya ga boleh deket2 juga minimal setengah meter, nah si Fulan ga bakal liatin muka ane... dia ngeliat ke samping ane, ane juga ga ngliatin mukaknya, ane liatnya ke samping dia. Gimana ya... kalo di lihat orang lain aneh juga sih sebenernya  kita tuh ngobrol tapi kaya ngobrol ma hantu yang ga berwujud gituh. Nah masalah rapat juga begitu, kita kan ga boleh hadap2an tuh jadi kita harus cari space yang luas biar kita bisa sejajar. Udah gitu jarak kita juga jauuuh beud. Ane baru tau oh jadi ini yang di sebut rapat Islami... hmmm... 

Apa bisa gara2 hal di atas ane di sebut ke Arab2an?

Gara2 kami belajar bahasa Arab sedikit2?

Gara2 kami mencoba untuk menjaga hati dari lawan jenis?

Capedeee....

Ga cuma itu, seiring berjalannya waktu ane tau gimana seharusnya muslimah berpakaian, akhirnya ane pake baju muslim dan pake jilbab...

Apa iya cuma gara2 itu doang ane di bilang ke Arab2an??

Sekarang masalah ke Barat-baratan...

Ada juga orang yang bilang ane ke barat-baratan gara-gara ane belajar dan kuliah ambil jurusan bahasa Inggris, ane suka makan pasta, ane suka ama michael Buble, ane suka nonton film bikinan Amerika, dan yang terpenting ane suka ama bule.

Apa bisa gara-gara itu ane di bilang ke barat-baratan???

Yakdessssh

Perlu di ketahui, ane orang Indonesia... yang mengimani Allah sebagai Rabb dan Muhammad sebagai Rasul. Apa yang ane lakuin ya sesuatu yang berlandaskan ajaran Islam dooong (meskipun belom bisa semua), nah dulu itu Rasul di utusnya di Arab, jadi sunnah2 beliau kadang di campur adukin ama budaya Arab. Padahal itu sunnah... ga salah dong kalo ane ngikutin sunnah??? Nah masalah jilbab mah itu kewajiban atuh... kalo lu Islam ya jilbaban dong... ada noh di Al-Quran surat An-Nur ayat 33... di baca yaa... ^^

Nah terus yang kebarat-baratan... woi... bangun lo semua dari pikiran sempit, di sono noh di Amerika, banyak juga sodara-sodara kita yang Islam, dan mereka semua ngomong pake bahasa Inggris, jadi jangan di pikir dengan ane belajar bahasa Inggris sama dengan ane berpindah keyakinan jadi keyakinan mayoritas warga Amerika, lagian ane emang tertarik belajar bahasa; bahasa Arab, Jepang, Spanyol... kenapa??? ga boleh?? sebagai Muslim ane cuma boleh belajar bahasa Arab gitu??? trus ngapain ane tinggal di Indonesia?. Masalah suka makan pasta lah...itu mah msalah selera, apa iya ane cuma boleh suka kebab? urap2an?, masalah Buble??? eeem ane khilaf :p


Intinya gini ya ane orang Indonesia, yang sehat dan kuat karena semasa aku bayi slalu di beri ASI makan bergizi dan imunisasi....

Ane bangga jadi orang Indonesia, dan mencintai Indonesia...nah masalah kebarat2an dan keArab2an ga usah di ambil pusing toh Barat, Timur, Utara, Selatan semua dalam kekuasaan Allah... so stop sentimen negatif pada satu pihak piss laaah.... yang kita imani kan ajaran Islam... itu saja lah yg di jalan kan...

wis ah meh turu sik :p (ke jawa2an)

salam cimatcimut

Comments