Anak SMP Jaman Sekarang

Ane ngajar di SMP BIAS 3 x 1 pekan 12 jam pelajaran. Itu lah kenapa seems like my life  always about BIAS, BIAS, BIAS and my students. Ane udah ngerasa involve di BIAS dan jadi keluarga besar BIAS. Itu juga lah kenapa postingan ane bakalan banyak nyeritain hal-hal yang ber "bau" BIAS. 

Ical n Dipo
Hm...bergulat dengan anak SMP jaman sekarang bikin ane sedikit heran. Mereka cepet banget dewasa. Topik pembicaraan mereka, hal-hal yang mereka suka, postur tubuh hampir ga ada bedanya sama anak SMA. Apa ya yang bisa bikin begitu??. Menurut analisis ane, gadget dan social media jadi salah satu pemicunya. Di jaman SMP ane dulu HP dan Laptop masih jadi barang tersier. Internet apalagi... Ane mulai melek internet kelas 3 SMP itu pun ane cuma bisa buka MIRC, yahoo, ama friendster. Tapi jaman sekarang??!!! o mai gad... anak SMP kelas 7 di BIAS hampir semuanya punya laptop, HPnya juga blackberry... Internet woo... mereka aktif sekali ber fesbuk dan twitter ria, meskipun hanya tiap akhir pekan... tapi mereka tau dunia nyata dari sana... dari dunia maya. Mereka juga mulai mengekspresikan rasa di sosial media tersebut... mengeluh tentang hidup, ngomongin tentang cowok atau cewek yang di sayang... mereka sudah sangat paham tentang itu. 

yg kelas 7 masih kecil2
Belum lagi kalau ngomongin fashion, tiap Sabtu biasanya anak BIAS pake baju olah raga dan beberapa siswa putra bawa baju ganti sendiri... ada di tengah mereka, ane ngerasa kaya ngajarin temen sendiri karna secara fisik hampir sulit di bedakan antara mereka dan temen kuliah ane dulu..style mereka so manly. Yang putri juga begitu, pernah suatu malam ane maen ke asrama mereka dan kita malem mingguan bareng ngiterin jalan Taman Siswa.... u know what??? mereka dandan cantiiik banget, bajunya juga fashionable, dengan cardigan dan celana jeans, kaki mereka di balut sandal crocs...mereka ga kaya anak SMP lagi... kalo bukan guru mereka, mungkin ane bakal mengira mereka anak2 SMA.

Yah tapi bagaimanapun kita ga bisa menghambat kemajuan jaman... penyesuaian yang proporsional lah yang harus kita lakukan. Kontrol dari orangtua juga sangat diperlukan...karena meskipun mereka dewasa secara lahiriah tapi pikiran mereka masih labil... namanya juga anak Es M Peh...haha :D 
our blackboard
with Fivel
galau nggarap ujian :p

Comments