Gaji itu cuma Bonus dari Hobi Mengajar

Nggak sebanding ama yang di bawah...
Banyak orang yang rada menyepelekan pekerjaan guru (honorer). Pas orang tanya ke ane "kerjanya apa mbak?", "Guru", "Oh... ya udah nggak papa sebagai batu loncatan" #sambil pasang tampang mengasihani. He? kok sebagai batu loncatan?. Ane cuma senyum aja. Beda banget sama adek ane yang kalo di tanya orang, "Kerja dimana mas?", "Di kalimantan, PT.X, Pertambangan", "Wah...lumayan tuh mas, hebat", He? kok lumayan?. Wkwkwkwk... ane tau tolok ukur orang dalam menilai pekerjaan itu ada pada gaji. Semua orang tau bahwa gaji guru itu rendah, lebih-lebih yang honorer. Temen ane juga sering tanya, gaji mu berapa sih jadi guru?. Mbok mending kamu kamu ndaftar di perusahaan X aja, baru buka lowongan lho. Sekali lagi ane tersenyum. Ane makasih banget sama temen-temen ane yang sudah perhatian, nyodorin tawaran gawe ini itu, meskipun tau bahwa ane sekarang udah kerja jadi guru. Tentunya mereka ingin ane lebih baik dalam segi finansial. Ane ikud seneng kalau akhirnya temen-temen ane dapet gaji besar di perusahaan mereka, alhamdulillah. Tandanya tiap mereka gajian ane tinggal calling  mereka buat ngebantuin ngabisin duit wkwkwk.

Di sini ane cuma ingin berbagi perspektif tentang kerja dari sudut pandang lain. Bukan melulu dari masalah gaji. Ane juga nggak munafik, bahwa kalo gaji guru di gede in ane bakal jingkrak-jingkrak di atas genteng saking senengnya. Tapi  kalaupun nggak naik, ane tetep bakal bersyukur. Ada banyak hal, yang melebihi nilai mata uang yang ane dapet dari mengajar (menjadi guru). Ane pernah bilang, jadi guru itu adalah impian ane. Apa sih yang lebih berharga dari terwujudnya sebuah impian?, ane rasa bahkan uang pun ga bisa membeli impian seseorang. Mungkin di mata orang lain, halah impian itu ga bisa buat beli apa yang kamu mau Dhit. Tapi di mata ane, halah gaji gede tu belum tentu bisa bikin ane ngedapetin kepuasan (batin). Ada beberapa orang yang gajinya gede tapi ngeluhnya juga gede. Mereka di terima di sebuah perusahaan yang nggak sesuai dengan minatnya. Ujung-ujungnya mereka cepet capek, frustasi, gelisah... dan akhirnya pindah, kenapa? karena mereka nggak enjoy, mereka nggak loyal sama pekerjaannya, istilah rada kerennya... sense of belonging terhadap pekerjaan itu kurang. Jadi kalo perusahaan ada masalah, dan ada tawaran di tempat lain yang lebih menggiurkan, mereka pindah meskipun pekerjaan itu "lagi-lagi" nggak sesuai dengan passion mereka.

Berbeda dengan orang-orang yang menjalani pekerjaan mereka dengan senang hati, meskipun nggak di bayar, semuanya tetap akan terasa ringan. Kalau ada masalah, mereka cendrung bertahan dan berusaha mem fix kan masalah tersebut. Kenapa? karena mereka merasa pekerjaan itu adalah milik mereka, separuh jiwa mereka ada di sana.

Pun dengan kerjaan ane sebagai guru. Kalo di itung gajinya, mungkin bakal abis buat beli bensin ya, tapi ane ngerasa puas. Selain jadi guru, beberapa kali ane nerima kerjaan sebagai translator,bayarnya emang lebih gede,,, tapi ane ngrasa... gregetnya tuh beda, nggak se #Errgh ketika ane jadi guru. Di kasih kesempatan buat ngajar penerus bangsa aja ane udah seneng, apalagi ada duitnya... berasa dapet bonus ^^

Terus apakah kamu nggak mau dapet hasil lebih?

MAU banget, tapi bukan dari menjadi guru. Ada beberapa hal yang masih ane suka, dan Allah juga sudah memberikan ane kemampuan khusus di bidang tersebut insyaAllah rejeki lain bisa datang dari situ. Aamiin. Selain itu masih ada kesempatan juga buat cari suami yang tajir #eh.

Pada akhirnya ane cuma bisa menyimpulkan beberapa hal sih. 
1. Indonesia itu adalah negara berkembang, yang kelas ekonomi masyarakatnya masih di bawah standar. Maka wajar dan logis ketika gaji menjadi tolok ukur kebahagiaan seseorang.

2.Menjadi apa yang kita inginkan itu lebih menyenangkan daripada harus membiarkan impian kita di beli oleh materi.

3. Rejeki nggak cuma datang dari satu pintu, apapun yang kita suka bisa jadi sumber rejeki kalau kita jeli dan mau membuka diri. #nggak harus maksa 

4.Bersyukur masih tetep jadi jurus ampuh penenang gilau->gila<-galau->

5.Mengajar adalah hobby ane- ketika ane di bayar berarti? ane dapet bonus ^^

6. Punya suami tajir adalah salah satu pintu rejeki.

#semoga cimuters semua bisa menjadi apa yang diinginkan dan mendapat apa uang diinginkan aamiin

Bonus:

Wajah2 merekalah yang menjadi suntikan semangat buat ane luv  u all ~_^
Siswa-siswi SDIT Internasional Lukman Al-Hakim
Siswa Siswi SDIT BIAS

Siswi2 SMPIT BIAS
Siswa-siswa SMPIT BIAS





Comments