Cara Jadi Pemenang di Ujian Nasional :)

Ujian Nasional (UNAS) adalah dua kata yang kehororannya melebihi judul Film "Kuntilanak Beranak Gendruwo" maupun "Misteri Oseng-Oseng Tuyul" (Coming Soon). Kayaknya seluruh penduduk sekolah pada geger mempersiapkan UNAS, guru, murid, cleaning service, tukang parkir, mbok2 kantin semuaaa ikutan pusing mikirin UNAS, bahkan ada yang bilang UNAS itu bagaikan Ujian Hidup Dan Mati #tsaaah. Lebay.

Di postingan ini ane pengen share cara supaya bisa menang di Ujian Nasional. Cara menang lho ya bukan cara supaya lulus ;p. (emang dulu kamu menang Dhit? | menang dong...seenggaknya menurut gueh :p)

Yang harus di lakukan


1.Luruskan Persepsi

Oke, ga lulus UNAS memang memalukan, but it's not the end of the world dudes. Masih ada ujian susulan. Ayo sama-sama luruskan persepsi tentang UNAS, UNAS itu cuma sebagian kueciiil dari Ujian-ujian lain yang akan di berikan oleh Allah kepada kita. Jadi kalo dalam menghadapi UNAS aja kita udah jiper, gimana menghadapi Ujian yang lain?.Ga usah kesetanan ampe nganggep UNAS sebagai Ujian Hidup Mati.Anggep aja UNAS sebagai Quiz Parampaa 1 Level 1. Kalo persepsi kalian tentang UNAS ini udah bener, insyaAllah bakal lebih ringan bagi kalian buat menjalani. Just face it! it's a game.

2.Belajar Sungguh-Sungguh

Pernah denger ini ga? "Allah akan memberikan hasil sesuai dengan yang di upayakan hamba Nya". Jadi hasil UNAS yang kalian raih besok ya sesuai dengan apa yang kalian upayakan. Kalo belajarnya angot2an (males2an) ya jangan protes kalo kalian ga lulus. Kalo kalian pengen lulus, ya BELAJAR dong, yang bener. Buku tuh di baca di pahami, bukan cuma di bolak-balik, bisa sih sehari kelar baca dua buku... tapi ga ada yang nyanthol. Tar kapan2 ane post cara belajar yang asik yee (kalo ane lagi baek)

3.Banyak Berdoa
Nah ini...Ini... yang sangat amat penting... doa itu adalah ujung dari segala ikhtiar. Banyakin shalatnya, banyakin doanya... 

Dulu pas UNAS sebelum masuk kelas biasanya ane baca Al-Fatihah 1 x
terus pas udah duduk Baca Al-Fatihah ama Taawudz, di lanjutin doa belajar, ama apalagi gitu lupa... tapi ini udah ane cariin juga doa yang laen

اَللَّهُمَّ ارْزُ قْنَا حِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ. وَ اِلْهَامَ لْأَ نْبِيَاءِ٠ وَفَهْمَ لْأَ وْ لِيَاءِ. بِكَرَمِكَ يَا اَكْرَمَ ا لْأَ كْرَمِيْنَ٠ وَ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّا حِمِيْنَ .

Allaahummarzuqnaa hifzol mursaliin,wa ilhaamal Ambiyaa-i,wa fahmal awliyaa-i, bikaromika yaa Akromal Akromiin Wa birohmatika yaa Arhamarroohimiin.

Artinya : Yaa Allah berikanlah kami Ingatan / hapalan para Rasul, Ilham Para Nabi, Pemahaman Para Wali, dengan Kemuliaan-Mu Wahai Zat yang Maha Mulia dan dengan Rahmat-Mu Zat Yang Maha Pengasih dan Penyayang.
4.Pasrah ama segala hasil

Yaudah kalo udah selese ngerjainnya, tinggal santai-santai aja. Ga usah di ungkit2 ujian yang tadi, toh juga hasilnya ga akan berubah. Prepare buat UNAS yang besoknya, kalo mau... kalo ga mau ya udah maen, Ps an... kan belajarnya udah dari dolo-dolo.

Cuma 4 hal itu siiih.... (yeee kalo itu doang mah uda pada tau... mana nih yang katanya mau kasih jurus biar bisa menang UNAS).

Tenaaang... yang namanya jurus kan biasanya di taro di akhir :p

Mau tau jurusnya???...Taraaaaa....

JUJUR

Sesulit apapun UNAS kalian, kerjakan dengan jujur. Kalo Allah sudah menakdirkan kertas UNAS itu ada di depan kalian, tandanya Allah percaya kalau kalian bisa ngerjain sendiri. Kan Allah udah berjanji Tidak akan membebani hambaNya di luar kesanggupan. Allah itu Maha Anti Ingkar Janji lhoo... jadi percaya  aja sama yang Beliau katakan... Pasti bisa! Pasti bisa!. Hindari pikiran-pikiran kotor buat beli kunci jawaban lah, lirik-lirik temen lah, bikin contekkan lah... Hapus semuaaaanyaaa... guyuuuur  anyutin di WC.

Kalo kalian JUJUR mau lulus kek, mau ga lulus kalian sudah jadi pemenang di mata Allah. Bayangin, ketika kalian nggak jujur --> ga ada satupun jaminan yang bisa menjamin kalian lulus. Dulu temen ane pernah beli kunci jawaban dan hasilnya apa? di 2 mata pelajaran dia dapet 9 tapii... di pelajaran bahasa Inggris kuncinya mleset dan di dapet nilai 3. Ga lulus juga kan akhirnya. Hm... jadinya gagal dunia akhirat kaan?.

Pokoknya buat semua murid ane yang kelas IX di BIAS maupun di SMP laiiin, semoga kalian mendapatkan hasil yang terbaik :)


Comments

  1. Setujuuu..

    Jujur, paling penting setelah 3 persiapan lain itu.

    Dulu, jaman masih ngajar di bimbel SSC Pontianak, selalu yang 1 itu yang saya tekankan ke para siswa. JUJUR.

    Dan yang tak kalah penting: YAKIN. Yakin dan percaya dirilah bahwa kita Insya Allah akan lulus setelah doa dan ikhtiar maksimal yang kita lakukan. Sesuai Hadits Qudsi, "Aku adalah yang HambaKu sangkakan". Kalau yakin lulus, maka Allah akan sesuaikan dengan keyakinan kita: lulus.

    *berasa lagi ngomong ke siswa yang akan UN :P*

    ReplyDelete
  2. yaaak benar sekali kakak Dini... YAKIN PASTI BISA insyaAllah BISA ... Myehehehe,,, jan yang baca siswa2 yg pada mo UN mbak Din ;)

    ReplyDelete

Post a Comment