Dia Memberiku Lebih #3


tiga
Sorry, sorry, neke, neke... ane baru sempet nulis lagii...

Nah...di training hari ke dua, kami di beri pemahaman tentang Jurnalistik Islami. Pematerinya adalah mbak Tria Haidar yang bertugas di kamar berita MQ fm. Ane inget banget pas wawancara dulu mbak Tria tanya "Kamu tertarik di dunia jurnalistik ga?", and I said "Ga terlalu tertarik mbak, soalnya rada ribet, dan kita di batasi oleh pakem-pakem"ya tau kan ya ane tipe manusia yang ogah ribet dan males di atur-atur, apalagi masalah tulisan. Nulis mah enaknya ga usah pake di atur EYD nya, titik koma nya bikin puyeng hai tauk... Nulis mah nulis aje :p. Eh tapi setelah beliau menjelaskan tentang Jurnalistik Islami, kok ane ngrasa jadi tertantang ya.

Setelah di jelaskan panjang lebar tentang teori jurnalistik Islami, ane merasa perlu ambil peran mamen. Bayangkan, Indonesia itu kan mayoritas penduduknya Muslim, harusnya Islam juga bisa menguasai media dong. Lah tapi kenyataannya, kenapa lebih banyak media sekular yang tersebar?. Oke kita tes ya... sebutkan 10 saja Koran/ Majalah Islam yang anda ketahui... ?? eng ing eeeeng....hayo... bisa nyebutin ga??

Kita perlu menyuarakan bahwa Islam itu indah, kita perlu mengcounter berita-berita yang memojokkan Muslim. Kita perlu melakukan dakwah bil qolam... yang artinya... dakwah dengan pena. Apakah itu maksudnya kita harus ke Palestina dan nujlep2in tentara musuh dengan pena? kalo bisa si ga papa... tapi pena nya musti di kasi racun dikit (dasar otak kriminil).


Berdakwah dengan pena itu berarti kita menyeru manusia untuk mencintai Allah dan Rasul, serta menyadari bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang di ridhai, melalui tulisan-tulisan kita. Makanya syarat untuk jadi jurnalis Islam itu juga ga gampang, ada setidaknya 4 hal yang mutlak harus di miliki jurnalis. Tapi ga tau kenape di buku ane cuma kecatet tiga, mungkin yang satu baru jalan-jalan ke ... sakkarepmu lah...

3 hal yang tercatat itu adalah:

1. Sidiq (Benar), dalam menyampaikan berita, kita harus BENAR, ga boleh ngawur, harus bener-bener mematuhi kode etik jurnalistik #eciyee. Seperti tidak menayangkan gambar-gambar atau poto-poto kekejaman perang tanpa di sensor. Menjual sih... tapi kalo gara-gara itu orang-orang pada mual dan males makan gegara uwek-uwek mah sama aje boong.

2. Amanah (dapat di percaya). Ya iyalah... amanah itu wajib hukumnya, Amanah bukanlah sekedar nama toko baju busana muslim, ia adalah sifat terpuji Rasulullah yang juga harus dimiliki oleh seorang jurnalis Islam.  Berita yang di sampaikan tentu saja harus yang bisa di percaya, bukan yang merupakan opini tak berdasar... apalagi ngarang misalnya " di beritakan bahwa di bulan ramadhan seluruh makanan yang ada di pinggir jalan masjid Jogokaryan di gratiskan bagi setiap pengguna jalan yang sedang berpuasa dalam keadaan haid" haa... itu ngawur namanya, dan anda tidak layak jadi jurnalis Islam

3. Fathonah (Cerdas),woh iya dong, tau sendiri pan kalo yang namanya politisi pinter ngomong dan membolang-balingkan fakta? kalo kita jurnalis Islam ga cerdas, yaah pastinya bakal gampang di dikte dan di bodoh2i.

4. Nah khusus yang ini ane lupaaa... --'

So selesai sudah materi hari kedua selanjutnya kita akan ke materi hari ketiga bersama Kang Agus Al-Muhajir... stay tune :)

Comments

  1. 4 sifat rasulullah bukan? kalo iya: shiddiq, amanah, tabligh, fathonah...
    cmiiw.. :B

    ReplyDelete

Post a Comment