Antara Tersangka Korupsi dan Keluarganya

Sore tadi ane sempet liat breaking news di Mitro Tipi <-- (keren kan tontonan gue?? :D). Nah disitu Andi Malarangeng sedang Press Conf tentang pengunduran dirinya sebagai Kemenpora, soalnya dia baru terlibat kasus Hambalang dan Wisma atlet ato apaa gitu. Googling lah kalo pengen lebih jelas masalah kasus die -_-.

gantengan aslinya, ciyus
Sebagai orang yang secara pribadi rumahnya pernah di samperin Om Andi Malarangeng. Ane ngrasa rada prihatin juga sih. (Terus ada suara angin... "Ah Bokis banget lo, lo bilang Andi Malarangeng nyamperin rumah lo? dasar Erotomaniac") Weit ini kisah nyata kawan. Dan kehadiran Om Andi didepan pintu rumah ane bukanlah sebuah delusi. Ane juga bukan erotomaniac ye, naudzubillah. Oke-oke ane ceritain detil ceritanya

Ketemu Andi Malarangeng

Waktu itu ane masih kelas 4 atau kelas 5 SD, ane tetanggaan sama seseorang, sebut aja Eyang, soalnya ane emang ga pernah tau nama asli eyang ini siapa. Nah si Eyang tuh udah kaya eyang kita-kita yang ada diperumahan ane, dia baiiik banget. Suatu ketika dimalam hari, pintu rumah ane diketok "tut...tut...tut.." (lu kate naek kereta api?). Ketika di buka Taraaaa... di depan rumah ane sudah berdiri sesosok Om-om gagah, tinggi, putih, ganteng dan berkumis. Di sebelah Om-om ini ada eyang, sebenernya ane lupa sih gimana percakapan eyang sama Ibu ane waktu itu, yang jelas intinya Eyang ini memperkenalkan si Om-om yang gagah, tinggi, putih, ganteng, dan berkumis itu, sebagai Andi Malarangeng-yang merupakan menantunya. Waktu itu ane yang masih kecil dan berfokus pada Bryan Westlife ga tertarik buat ngelirik si Om sama sekali. Yang ane inget ane cuma memandang eyang heran, sambil mikir " Ya terus kalo dia mantunya kenape?". 

Dia ga lama sih... Andi Malarangeng juga keliatan agak segan, soalnya ternyata dia ga cuma dibawa kerumah ane, tapi dibawa muter ke rumah-rumah tetangga. Besokannya ane tau, kenapa si Om Andi ini di ajak tawaf ke rumah tetangga-tetangga, ternyata dia adalah politikus yang sedang akan naik daun, soalnya besokan siangnya itu ane liat dia nongol di RCTI acara apa sih, yang berita siang-siang tu lho Bulletin Siang atau apa gitu lupa #faktorusia. Saat itu ane cuma rada nggumun aje dan bilang ke Ibu "Bu itu yang di bawa sama Eyang ke rumah", terus ane telpon eyang, padahal rumah kita cuma sak plithengan . "Eyaaaang...mantunya eyang masuk Tiviiiii", terus eyang ketawa-tawa bangga gitu deh. Wah ane nyesel kenapa waktu itu ga minta poto dan tanda tangan, kenapa ga minta dibayarin uang SPP juga, kenapa ga minta dibeliin baju baru, kenapa ga minta mahar #eh. 

Dan sekarang , Siapa yang nggak kenal Andi Malarangeng? karir politiknya menanjak dengan tajam. Super Sekali. 

Oke, ane ga mau membahas lebi lanjut seputar sepak terjang Om Andi, disini ane cuma mau menyoroti dijadikannya dia sebagai tersangka korupsi dan gimana kalo seandainya ane ini adalah keluarganya.

Rasanya pasti sakit ya, liat orang yang kita sayang tampil di TV dan menjadi sorotan serta bulan-bulanan atas kesalahan dia. Kalo ane yang cuma pernah ketemu ga lebih dari 5 menit aja ngrasa sedih, gimana perasaan eyang? gimana perasaan istri sama anak-anaknya?!. Hancur mungkin (?).

Mungkin selama dirumah dia baik-baik saja, dia penuhi segala yang kita butuhkan, dia sayangi kita sepenuh hati. Kita juga pasti ga akan percaya, kalo orang kita sayang dituduh berbuat macem-macem, apalagi ini tuduhannya "menghianati negara", jelas sebuah kasus serius yang lebih besar daripada ngebuang tikus ke selokan. Ane ga ngebayangin, gimana tanggepan temen-temen sekolah anak seorang koruptor, apakah dia di bully oleh teman-temannya, apakah justru di takuti? atau ,malah dia milih untuk home schooling aja, biar ga ketemu siapa-siapa? 

Kehidupan sosial istrinya juga gimana? gimana dia berhadapan dengan orang-orang yang dia kenal? apakah malu? atau mencoba menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya?

#ah terlalu complicated ya ngomongin crime and family. Tapi satu yang ane fikirin, Ayah tetaplah ayah, Suami tetaplah suami, anak tetaplah anak... sebesar apapun dosanya pasti ada celah maaf dihati untuknya. Kalaupun kita dapet side effect dari tindakan kriminal orang yang kita sayang, anggap saja kita juga sedang diuji. Dan ketika orang yang kita sayang dituduh berbuat kriminal,ketika dia mengelak mungkin kita bisa coba untuk percaya semua kata-katanya  (dia sudah terlalu lelah di bully dan tidak dipercaya). Kalaupun dia ngaku- (jadilah orang pertama yang memaafkan dan menegakkan keadilan) berat memang tapi toh Rasulullah dulu juga pernah bilang, kalau putrinya mencuri Rasul sendiri yang akan memotong tangannya. Serahkan semua kasus hukum pada yang berwenang, sambil tetap saling doa saling menguatkan. Kalau Allah memang menghendaki si tersangka menjadi orang baik, yakinlah hukuman di dunia ini bisa meringankan hukumannya di akhirat. "Ga selamanya orang jahat itu jahat, dan ga selamanya orang baik itu baik". Kita semua punya peluang untuk jadi jahat atau baik, yang jelas kita harus selalu meminta hidayah pada Allah, selalu dan selalu... wallahua'lam bishawab... 

Comments