Nggak Selamat Natal Nggak Papa Ya...

fanpop.com

Toleransi itu apa sih cimuters?

Ouw yang berhubungan dengan saling menghargai antar sesama umat manusia itu ya? hm...

Bentuknya gimana?

Apa? yang tidak saling menyakiti?

Terus apa lagi?

Oh saling menolong, ketika yang satu dalam kesulitan?

Ada lagi?

Menghargai keyakinan masing-masing pemeluk agama? itu aja?

Yaudah-yaudah ga usah dipaksain entar konslet :p

Gini cimuters ntar lagi tuh tanggal dualima desember, nah tau lah ya tanggal dualima desember itu kita libur, tanggal 24 nya hari kejepit. Pemerintah bikin tanggal 25 Desember warna merah pasti bukan tanpa sebab. Ya iyalah kalo tanpa sebab tar jangan2 keluar kalender yang tanggalnya merah semua lagi #preiterus. Oke mukadimahnya ga penting.

Langsung cus wae, tanggal 25 itu adalah liburan Natal. Nah sebagai Muslim, banyak yang bergalau ria boleh ngucapin natal ga sih?

Dulu sih ... dulu ya, pas ane masih kecil dan belom tau, ane semangat banget ngucapin natal ke temen-temen ane yang merayakannya, rasanya keren gitu. Bangga, bisa nunjukin bahwa meskipun ane Muslim, ane tetep toleran dengan ngucapin selamat natal itu. Tapi apakah arti toleransi sesempit itu? Apakah letak toleransi itu hanyalah pada seucap kata "Selamat Natal" saja?


Toleransi itu luaaaas teman, seluas samudra Hindia, Pasific, Pasai (sambil buka peta). Ane lupa kapan tepatnya ane tau bahwa mengucapkan selamat natal itu haram hukumnya. O iya dan disini ane ga mau bahas kenapa mengucapkan natal itu haram hukumnya, sila tanya ustadz atau baca di site yang bertebaran di mbah google atau visit ini . Ane cuma mau bilang bahwa, dengan tidak mengucapkan selamat Natal bukan berarti ane nggak toleran. Bahkan ane suka lagu toleran, tau kan? yang ini lho "toleran, toooleran, toleran anak yang manis" eh soleram ya? ow kirain soledad (monolog again).

Toleransi itu adalah ketika kita bisa memposisikan diri kita dengan pas untuk menghargai, tidak mengganggu dan membantu umat lain tanpa harus mencidrai keyakinan kita sendiri. Ya sama aja kayak monolog ane di awal. Sekarang gini deh, apa gunanya kita mengucapkan "Merry Christmas" tapi di belakang kita ngata-ngatain temen kita yang non muslim. Apa gunanya kita ngucapin "Selamat Natal" tapi pas temen kita yang non Muslim butuh bantuan kita acuh. Atau apa gunanya menebar ucapan selamat Natal di Social Media tapi dalam kenyataannya kita bahkan ga pernah tersenyum kalo ketemu temen kita yang non Muslim.

Ane kasih dua contoh toleransi yang beneran toleransi

  1. Di tempat ane ada seseorang namanya Abay (alm). Beliau adalah seorang Kristen/ Katolik ane lupa. Dulu sebelum meninggal, saat Ramadhan tiba dan orang-orang Islam khusyuk melaksanakan sholat Tarawih, Pak Abay inilah yang membantu jaga motor dan merapihkan parkiran seorang diri . Dedikasinya tinggi, beliau ga pernah ngeluh, padahal beliau ga dibayar lho #keren kan?.Motor siapa yang di jagain? motor orang Islam, Agama beliau apa? Kristen/ Katolik. Sekarang kalau Pak Abay ini nggak ngucapin selamat Idul Fitri, apakah bisa disebut Pak Abay ini ga toleran?
  2. Tadi ane sempet baca sebuah retweetan yang bilang bahwa "Ada seorang nenek yang akan menyebrang ke Gereja, dibantu oleh remaja masjid" nah kalau besok tanggal 25 si remaja masjid ini nggak ngucapin selamat Natal, apa bisa kita ngasih cap di jidatnya dengan kata-kata "Tidak Toleran"?
So guys please, ketika kita memiliki sebuah keyakinan bahwa mengucapkan selamat Natal merupakan hal yang tidak diperbolehkan dalam Islam, pertahankanlah. Karena jangan sampai ucapan selamat Natal yang cuma dua suku kata itu menodai Aqidah kita. Jangan sampai karena takut dikatai nggak toleran terus kita jiper dan meringan-ringan kan hal tersebut. Mungkin analogi ngaconya kayak gini, kita tau kalo ngucapin Natal itu dilarang Allah tapi kita tetep ngelakuin, nah sama kayak kita tau orangtua kita tuh nggak suka kita nikah sama cowok yang beda agama tapi kita tetep maksain kawin lari, ---> kita bikin cowok yang kita nikahin seneng tapi kita nyakitin orang tua kita, yang udah ngegedein kita sampe segede gaban. Nah gitu lah kira-kira paham kan?

Dan kalo ane lihat-lihat, sebenernya yang rempong itu orang Islam sendiri. Ane yakin kok temen-temen kita yang merayakan Natal bahkan mungkin ga ngarep buat di ucapin selamat Natal sama kita. Natal bagi mereka pasti jauh lebih besar maknanya dari sekedar ngarep-arep ucapan dari kita. Sama kayak kita kalo lebaran, ga diucapin selamat lebaran sama temen kita yang non Muslim juga ga bikin kita sakit hati kan?. Jadi ilangin deh pikiran sinetron bahwa temen kita yang non Muslim bakal ngambek sama kita gara2 kita ga ngucapin selamat Natal. Mereka tuh juga bijaksana kali, apalagi mereka tau kalo dalam Islam ga boleh ngucapin selamat natal, mereka juga ga akan maksa-maksa kita wis.

Nah terus caranya supaya kita tetap berhubungan baik, meskipun kita nggak ngucapin gimana?

Ya santai aja, maen kerumahnya ramah tamah. Ngobrol biasa... santai lah, jangan tegang Okeh :)

Inilah toleransi 

Jadi Nggak Selamat Natal nggak Papa yaa heeheh... :)





Comments

  1. Lagi rame nih di grup Fb rohis mache, dhit ...

    ReplyDelete
  2. Kalo fatwa mui mengucapkan natal bagi kaum muslim haram hukumnya. :)

    ReplyDelete
  3. I've been surfing online greater than 3 hours lately, yet I never discovered any attention-grabbing article like yours. It is pretty worth sufficient for me. In my opinion, if all web owners and bloggers made just right content material as you did, the net shall be much more helpful than ever before.

    Feel free to visit my homepage :: online hotel

    ReplyDelete
  4. A person essentially lend a hand to make seriously posts I'd state. This is the very first time I frequented your website page and up to now? I surprised with the research you made to make this actual put up amazing. Wonderful job!

    Take a look at my web site: http://blamebateman.com/

    ReplyDelete
  5. I every time emailed this web site post page to all my associates, as
    if like to read it then my links will too.

    my homepage - how to get your girlfriend back

    ReplyDelete
  6. Howdy! Do you know if they make any plugins to protect against hackers?
    I'm kinda paranoid about losing everything I've worked hard
    on. Any tips?

    Stop by my webpage; how to get your ex girlfriend back

    ReplyDelete
  7. I constantly emailed this webpage post page to all my friends, since
    if like to read it then my contacts will too.

    Check out my blog post; how to get your ex girlfriend back

    ReplyDelete
  8. Link exchange is nothing else however it is
    simply placing the other person's website link on your page at proper place and other person will also do similar in support of you.

    my blog things to say to get your ex back

    ReplyDelete
  9. Good day! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very
    good gains. If you know of any please share. Many thanks!


    My blog post oraculo.inf.br

    ReplyDelete
  10. Its such as you learn my thoughts! You seem to understand so much approximately this, such as you wrote the e-book in it or something.
    I feel that you simply could do with a few % to force the message home a little bit,
    however instead of that, that is wonderful blog.
    A great read. I'll definitely be back.

    Here is my web site :: dickssportinggoods coupons

    ReplyDelete

Post a Comment