Siapa yang Nulis atau Apa yang di Tulis?

picture


Hai cimuters wanna tell u a good news. Yap ane berhasil puasa nge twit loh. Wow banget kaaan? enggak. Eniwe tentu saja ane nulis ga cuma mau kasih tau kabar nggak penting itu, ane  pengen ngomongin masalah buku. Ciyeeee...yang akhirnya bisa beli buku dan ga cuma masang tampang melas buat pinjem. Haha yup ane memang sudah meng azzamkan diri untuk menyisih kan berapa persen gaji buat beli buku. Bukan apa-apa, ane semacam ngerasa kalo ga baca buku tuh kaya ketinggalan jaman aja...(alesan sok asik). 

Well biasanya kalo ane ke toko buku ane udah punya inceran buku mana yang bakal ane beli. Biasanya sih buku-buku yang berhasil ane pilih itu berdasarkan PENGAMATAN TIMELINE yang amat mendalam dari beberapa publisher yang ane follow. Gilak ya, tim marketing mereka tuh emang nggombal nya badai banget, buku yang mungkin sebenernya nggak gitu-gitu banget, bisa jadi kayak gitu-gitu banget dan ane dengan serta merta pengen memilikinya. Nah kalo udah kayak gitu ane udah nggak peduli lagi siapa penulisnya, tapi lebih ke apa isi bukunya. Dan biasanya sih ane sesuaikan juga dengan kebutuhan, misal kayak kemaren pas ane pengen-pengennya jatuh cinta ama Rasulullah (lah sekarang ga pengen lagi?), ane sengajain banget buat cari buku "Think Muhammad" terbitan Plot Point. Sebelumnya dengan berbusya-busya tim Plot Point promote tentang Think Muhammad itu pake quotation yang ada didalamnya. Dan itu kewen. Terus ane yang emang dasarnya pengenan ini pengen banget beli bukunya. Alhamdulillah nggak kecewa. Jadi kesimpulannya marketing twit itu PENTING.

 

Yang kedua, kalo pas ane ke toko buku dan belom tau mau beli apa, biasanya ane pilih buku dari penulis yang udah terkenal. Nggak tau kenapa ane merasa kaya dapet garansi aja dari nama-nama beken kaya Dee, Tere Liye atau Asma Nadia (kok cuma dikit doang sih yang ane tau). Jadi udah semacam jaminan mutu gitu. Ane bukan adeection atau apalah fans-fansnya penulis itu tapi ane suka karya mereka, meski tak memiliki semua karyanya.. #saelaah. Jarang ane beli buku dengan spontanitas tanpa ane tau kwalitas penulisnya. mueheheh

Ya gitu deh kadang beli berdasarkan nama penulis, kadang beli bedasarkan promosi dan koar-koar dari publisher yang bikin ane ngeces. 

Nah kalo lu pade, pada beli buku berdasarkan apa?




Comments

  1. saya lebih mengikuti karya tere liye, kalau dee juga suka cuma jarang beli novelnya. Lebih suka beli online juga di bukabuku.com kalau ke gramedia ujung ujungnya nggak beli terlalu banyak pilihan. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh penasaran, belom pernah beli buku onlen nih... emang kalo beli onlen tuh ga tekor di ongkos kirim ya Bang?

      Delete
  2. Nggak lah, kan harganya juga lebih murah 15% jadi itungannya sama aja. Lebih hemat malah kalau beli banyak dan lebih praktis. Menurutku begitu.

    ReplyDelete

Post a Comment