Jodoh di Tangan Tuhan Bukan di Tangan Teman

Hai adakah diantara kalian yang berprofesi atau berminat untuk menjajal profesi sebagai comblang amatiran? comblang amatiran itu kerjaannya nyomblangin temen-temen buat maksud happy-happy, kalo jadi ya sukur kalo nggak jadi ya sukurin. Eh.

Ane peringatkan ke kalian, segeralah bertobat sebelum Agnes Monica go internasional. Beneran deh sebagai comblang yang selalu gagal dalam tugasnya, ane mengalami semacam trauma nyomblangin orang. Duluuuuu banget pas Majapahit masih jadi kelurahan *mana ada sejarahnya? Ane pernah berusaha nyomblangin guru ane sama beberapa temen ane. Sayangnya nggak ada yang jadi. Nggak nyesek-nyesek banget sih, soalnya waktu itu ane pake cara yang halalan toyyiban. Jadi ane minta proposalnya guru ane, terus ane kasihin ke temen ane. Ditolak deh... maaf ya Pak. Kalo sekarang Bapak udah nikah kan? bagus lah Pak, nggak baik jomblo lama-lama. #apasih.

Jaman itu mana ane tau kalo cowok itu punya hak milih dan cewek punya hak nolak. Yang ane tau lu butuh jodoh kasiin proposal ke gue, tar gue salurin ke temen, kalo diterima ya lu nikah aja. Simpel kan? (minta ditoyor)

Makin kesini cara ane nyomblangin orang makin nggak mutu. Di dukung juga dengan SDM yang punya hobby samaan. Nggak ada tuh yang namanya proposal-proposalan. Ada juga PHP - PHP an. Jadi di kantor itu ada dua insan berlainan jenis yang kami rasa cocok untuk jadi pasangan. Eum dalam hal ini ane cuma ngelanjutin tradisi dari kakak-kakak sebelumnya sih. Emang udah dari jaman dulu mereka di jodoh-jodohin, dengan berbagai macam cara. Rasanya seru aja lihat tampang mereka yang malu-malu meong. Pokoknya saat itu kami mengasumsikan bahwa mereka saling cinta #eaaaaa.

Awalnya mereka saling sok nolak. "Ih apa sih kalian tuh", sampai akhirnya lama-lama temen ane yang cewek mulai ngomong "jangan gitu dong... nanti aku jadi suka beneran", nah lo!!!! dan pada kenyataannya si cewek ini akhirnya emang suka beneran.

Di saat yang bersamaan kita dapet kabar kalo si cowok udah punya pacar. Damn!. How come?!

Kita rada nggak percaya karena, kalo ane pribadi menilai temen cowok ane ini termasuk cukup shalih dan termasuk cukup pemuda harapan pemudi. Ane nggak nyangka aja kalo dia menganut sistem perpacaranan internasional.

Nah pas dulu sih ane ga gitu yakin ya, apakah temen ane yang cowok ini beneran suka ama pacarnya atau enggak. Tapi pas kemarin ane ngobrol-ngobrol sama mbak Ruf, dan dia menunjukkan indikasi serius sama pacaranya, bahkan sampe mau nikah... entah kenapa ane cukup nggak terima.

Aduuuh... plis dong sama temen kita yang sama-sama penyiar aja. Kalian tu sweet banget, kenapa nggak nikah aja sih? kenapa musti milih pacar kamu?

Oke, senewen sendiri deh...

Ini semua gegara nggak mematuhi kata-kata bu ustadzah.

Waktu iu ane udah pernah tanya ke ummi Dewi. Tentang boleh enggaknya kita ngejodoh-jodohin temen. Waktu itu ummi bilang nggak boleh, nanti kalau temen kita terlalu berharap gimana ? waktu itu sih ane ngeyel... kan cuma buat lucu-lucuan aja... ummi kekeuh bilang nggak boleh.

Tapi ane dan temen-temen tetep aja ngejodohin mereka. Ya kan siapa tau...

Ah ternyata akhirnya nggak cakep gini. Temen ane yang cowok udah punya pacar dan temen ane yang cewek mulai sumo : susah move on. Kan ane jadi ngerasa bersalah kalau kaya gini. Cinta memang nggak tepat waktu ya...

Ya sudahlah... ane berdoa yang terbaik buat ketiga orang yang jadi tokoh utama disini. Jodoh bukan ditangan ane (kalo ditangan ane, ane pilihin dulu pastinya haha)....

ampuni hamba ya Allah... :((

Comments