My Past


Tau yang namanya terjebak di masalalu? Terjebak di masalalu adalah ketika kita bener-bener gak bisa move on dari suatu hal yang terjadi pada kita di masalalu. Bisa hal yang nyenengin bisa juga yang nyesekin. Bahkan kita gak sadar bahwa sampai saat ini kita masih terjebak di masalalu. Rasanya aneh banget. Ibaratnya kayak kita itu besi dan masalalu itu adalah magnet yang selalu narik kita buat balik lagi kesana. Well hal itu gue alamin saat ini. Detik ini juga tepatnya jam 10.00 waktu bagian nikahannya Syailendra. Entah dia pake adat mana atau cuma mau cari sensasi doang, tapi yang jelas konsep pernikahan dia memang agak aneh. Kalau biasanya bagian buku tamu itu diisi dengan wanita-wanita cantik yang bersenyum manis. Syailendra sama istrinya Rakina, menunjuk empat pemuda gagah, ganteng (yang jomblo) termasuk gue di dalamnya untuk jadi penjaga buku tamu. Sempet sih gue nolak, tapi lihat mukanya Syailendra yang kayak bakal batal nikah kalo gue gak mau, akhirnya gue iyain aja permintaan dia. Ternyata feeling gue waktu nolak tawaran dia ketika diminta jadi penjaga buku tamu itu terjawab hari ini. Bukan Cuma karena gue merasa risih ketika musti senyam-senyum saat nerima kado atau sumbangan yang bukan buat gue. Tapi karena ternyata, gue ditakdirin berdiri di sini buat ketemu sama dia lagi. Masalalu gue. Damn!


Dari jauh pas dia turun dari mobil silvernya gue udah yakin banget kalau itu dia. Bahkan ketika dia baru ngeluarin satu kakinya dari pintu mobil, gue udah bisa nebak siapa pemilik kaki indah itu. Apes banget gue hari ini. Kenapa gue harus ketemu dia lagi? Jujur sebenernya kalau dibilang dia masalalu gue, ya gak gitu-gitu banget sih. Kesannya kayak dia itu mantan gue. Sebenernya dia bukan apa-apa gue. Bahkan gue yakin dia gak inget gue. Tapi dia tetep bagian dari masalalu gue. Titik. Karena menurut gue yang namanya masalalu gak harus suatu hal yang kita miliki. Gue masih inget banget betapa nyesekinnya masalalu gue sama dia. Gue terjebak di masalalu. Dan gue males banget ketemu dia. Maksudnya males kalau akhirnya gue tetep gak bisa deket sama dia kaya dulu.
 
Pelan-pelan dia jalan dan naga-naganya sih bakal menghampiri meja gue. Mamak, gue harus ngumpet dimana nih biar gak ketemu. Biar dia gak pernah ngelihat muka gue lagi dan biar alam semesta inipun menganggap bahwa makhluk bernama Gradien gak pernah terlahir di muka bumi ini. Oh come on universe help me!
 Beberapa tamu datang dan berhasil gue layani dengan baik. Ya gue kasih senyum lah, ya gue sodorin buku tamu lah. Tapi pas langkah masa lalu gue semakin dekat. Jantung gue mulai melawan takdir dengan berdegup gak sesuai aturan 100 km per jam. Cepet banget kan? Angkot juga bakal disemprit polisi kalo narik dengan kecepatan segitu. And now setelah tamu-tamu figuran itu berlalu, here she is. Didepan mata gue. Bau parfumnya menguar, enak banget. Bulu mata lentiknya tetep the best tanpa harus ditambah maskara yang katanya water proof itu. Bibirnya tipis dengan sedikit pulasan lip gloss, natural. Dan rambut panjangnya sengaja diikal dan digerai menutupi kedua bahunya yang datar sempurna. Dia masih sebersahaja dulu. Bajunya sederhana untuk ukuran pesta. Dia cuma pakai kemeja lengan tiga perempat warna abu-abu dengan daleman tank top soft pink dan celana panjang jeans. Gue yakin banget cewek yang bisa pake baju sesederhana ini dan tetep kelihatan cantik Cuma dia dan Demi Lovato. Nah mulai bego kan gue.


Setelah fly to the moon, akhirnya gue balik lagi ke alam dunia saat Rino nyikut gue pake ujung gunting. Dia pikir gue tukang debus apa? Sakit nih.
“Heh, itu ada tamu kenapa buku tamunya lo kekepin?”
“Ha?” dengan nada linglung.
“Itu di depan lo ada tamu dia mau tandatangan, kenapa buku nya lo kekepin cumi!”
“He?” masih ngelantur.
“Ah lama...” akhirnya Rino ngerebut buku tamu itu dari dekapan gue dan langsung naro buku itu di atas meja.
“Silahkan mbak...” ih sok ramah.

Oke. Barusan gue ngapain? Ngekepin buku tamu? Oh My. Pasti gue kelihatan super duper dodol. Mati gue, mati tujuh turunan. Kalo ada tukang ember lewat rasanya gue pengen beli satu aja buat bahan oprasi plastik. Gue gak tau safety box mana lagi yang mau nyimpen muka dodol kaya gue. Sekarang saat semuanya terlihat hancur sempurna, gue cuma berharap satu hal. Semoga dia segera pergi dan...
 

“Hei... lu Gradien kan?” dan harusnya dia gak nepok bahu gue dan malah nyapa gue kayak gini. Apalagi coba yang bisa gue lakuin selain nyengir? Gak ada. Gue gak bisa berubah jadi superman yang ketika ditepok bahunya langsung terbang pake sayap warna merahnya. Melambai-lambai sambil bilang. Iya gue Gradien lu kangen ya... dan sampai pada kata kangen kalimat gue udah gak terdengar lagi terbawa angin. 

“Sumpah lu Gradien?” akhirnya gue mengangguk. Eh tapi ada satu hal yang telat gue sadari. Dia inget nama gue. Ya Allah gusti, dia beneran inget nama gue. Semacam menang undian sabun colek. Dia inget nama gue teman-teman. Dalam pikiran gue, gue langsung melakukan celebrasi di lapangan sepak bola. Suara dia saat manggil nama gue lembut banget, penuh penghayatan. God, she’s a Goddess. Oke... tenang. Jangan terlihat kayak cowok gampangan. Musti lebih cool, dan pura-pura nggak terlalu butuh.
 
Terus Stela (daritadi belum gue sebut namanya ya?) tiba-tiba mundur. Ngelihat gue dari atas sampai bawah. Mukanya takjub dan terheran-heran kaya ngelihat monyet yang berubah jadi pangeran. Yah tugas buku tamu sementara gue serahin ke Rino. Biar dia belajar, gimana rasanya jadi asisten gue. Gue gak tau, apa sih menariknya diri gue, sampe-sampe Stela gitu banget ngelihatin gue. Beneran dia kaya ngelihat benda antik. Sekarang dia bahkan ga cuma ngelihatin. Dia maju berpindah menyejajari gue, memegang kedua bahu gue dan gue diputer-puterin. Hey whatz wrong lady?

“Waktu dulu lo nembak gue, pas upacara. Lo belom sekeren ini Ged”, ah kenapa dia harus ungkit masa-masa memalukan itu? Itu lah yang gue bilang masalalu gue sama dia nyesekin banget. Jadi ceritanya hari itu upacara bendera. Karena SMP gue tuh masih udik, jadi biar microphone bisa bunyi, musti dicolokin ke tape. Nah kabel microphone ini pendek banget. Sedangkan pembina upacara gue, suka ga sadar diri kalo udah pidato. Mungkin waktu dia kuliah dulu dia ambil jurusan stage performance. Jadi dia ngerasa harus bisa mengitari seluruh halaman upacara dengan mondar-mandir bahkan koprol. Gue sebagai anak baik, dan penurut (kalo ga bisa dibilang korban bullying) diminta buat megangin kabel mic dan colokan tape, biar pas dia koprol kabel micnya ga lepas. Nah saatnya si pembina upacara orasi. Gak tau kesambet setan mana gue langsung berdiri ninggalin tugas gue dan ngerebut mic itu dari si pembina upacara. Tentunya dengan lmbut karena gue gak pengen colokan micnya copot. Habis itu dengan serta merta gue bilang kalau gue suka sama Stela anak kelas 7 B. Disaksikan semua peserta upacara. Aduh gila banget gue waktu itu. Cinta ternyata bisa menembus keterbatasan dan logika. Nah gue gak inget apa-apa lagi setelah itu, dan begitu bangun ada Dinar yang yang baru ngompres kepala gue pakai handuk anget di UKS. Ternyata abis gue melakukan tindakan bodoh itu, semua orang nyorakin gue. Gue keder, dan langsung pingsan. What a silly memory.
 

“Coba dulu lo udah sekeren ini Ged. Pasti gue terima”. Kata dia sambil sedikit ketawa. Sumpah demi apa, pas dia ngomong itu dia kayak ngasih harapan ke gue.


“Kalo dipikir, waktu itu gue konyol banget ya”, kalo udah grogi gini emang ngomong kurang afdol tanpa garuk-garuk kepala yang gak gatel.
 
“Tapi gue akuin lu gentle banget. Seandainya pembina upacara yang lo rebut micnya itu bukan bokap gue. Mungkin gue bisa pertimbangkan Ged”. Ya ampun, bener waktu itu gue ngancurin kewibawaan papanya Stela. Mampus gue.

“Sorry, Stel...” lirih. Eh tapi dia inget kejadian waktu itu. Berarti sebenernya... hehe 

“Eheeemm... maaf mbak, Gradien musti kerja”.Kata Rino sambil pasang muka bete. Ah dasar Rino ngerusak suasana aja. Gue kan lagi coba pedekate lagi. Apa sih susahnya ngurusin tamu-tamu sendirian. Dia gak paham banget kalo Stela ini tamu spesial gue (tiba-tiba lupa ini nikahannya orang).

“Eh...oh...iya, sorry sorry. Malah jadi ganggu kerjaan lo Ged. Gue masuk dulu ya. Seneng banget bisa ketemu lo lagi”. Ada semacam nada berat waktu dia bilang mau pergi. Dengan berat hati gue ngebiarin Stela masuk. Yah dia kan Cuma “masalalu” gue. 

“Keep in touch ya Stel. Seneng banget ketemu lo lagi juga”, dia ngangguk dan langsung pergi, sambil ninggalin sisa senyuman di dalem hati gue. Dang! Dan gue baru sadar gue belom minta nomer HP nya Stela. Dan Rino sadar Stela belom masukin amplop maupun ngasih kado buat Syailendra. 


Comments