No Same Mistake (kisah sepasang jus duren)

Kemaren pagi ane lihat postingan gambar lucu yang muncul di beranda fb. Sumbernya dari 9GAG. Entah waktu itu lagi selo atau gag ada kerjaan. Iseng-iseng ane mampir ke fb 9GAG dan menelusuri tiap gambar (iya ane memang selo). Sempet ngikik lihat foto yang lucu-lucu. Tapi waktu itu ane baru rada serius, jadi belom pengen ngakak lebar. Takut ada laler kegoda terus masuk mulut. Ane pun ngikik dalam diam sampai... Jleb! menemukan sebuah quote yang bikin ane ngerasa kaya mandi di bath up yang dipenuhin es balok. Perih, sakit, bagai dirajam. Intinya ane kesindir. Kesindir itu rasanya kaya dijewer pake jepit jemuran -_-


Yes... you can never make the same mistake twice, because the second time you make it, it's not a mistake, it's a choice.

Sorenya pas pulang kantor, seolah-olah Allah pengen nunjukin kalau quote itu emang ane banget yang sering bikin kesalahan yang sama :( . Jadi sore itu ane sengaja mampir ke toko jus duren deket kantor. Ibu ane tuh bener-bener ngidam duren. Dan sebagai anak yang berbakti terlebih ane masih dalam pengasuhannya, akhirnya ane membeli dua jus duren untuk memenuhi hasrat ngidam ibu. Nggak kok, ibu nggak lagi hamil. Tapi hamil nggak hamil ibu memang suka ngidam. Oke lupakan.

Jus duren itu dengan manisnya nangkirng di dalem kresek dan ane gantung di gantungan motor yang ada di bawah stang. Perjalanan dari rumah ke kantor cukup jauh jadi ane hati-hati banget supaya jus itu nggak tumpah (FYI jus ini di taruh di gelas plastik). Ane membawanya seperti membawa api abadi olimpiade. Pelan, lembut, halus...

Akhirnya ane berhasil masuk ke pintu gerbang perumahan dengan jus duren yang masih anteng di posisinya. Cakep banget dah mereka pada dempetan gitu, keliatan akur. Ane masih memacu motor dengan santai sampai tiba-tiba. Clepok... plastik jus duren ane jebol.... huwaaaa... huwaaa... satu nyawa jus duren gugur di tengah jalan. Dia sudah menjadi syahid. Rasanya ane pengen mbalik, dan jilatin tuh jus duren yang pada bleber di atas kon blok. Sembilan ribu men, abis BBM naik pula, kan sayang banget. Tapi untung akal sehat ane masih jalan, ane biarin aja jus duren yang tumplek itu sebagai sedekah untuk semut jalanan, yang tak punya tempat tinggal. Kasian mereka adalah duafa. Masih ada satu jus duren dalam posisinya. Kokoh tidak goyah, meskipun ane tau perasaannya pasti sedih di tinggal pasangannya barusan. Ia juga pasti bergidik membayangkan sedotan ukuran lebar akan menusuknya dan mulut-mulut lebar kami akan menghisapnya sampai tandas. Mati sendirian tanpa pasangan yang menyemangati... tragic

Ane liatin aja tuh kresek. Lucky me yang jebol cuma sisi kanan. Jadi sisi kiri masih aman. Ane bertekad akan membawa jus duren ini tetap dalam posisinya. Ane bernyanyi riang dalam hati coba melupakan sembilan ribu yang mungkin udah dikerubutin semut, atau kucing, atau anjing. Nggak mungkin manusia soalnya. Pas mau belok di gang deket rumah, clepok.... jus yang kedua gugur juga ditengah jalan. Ia menyusul pasangannya. Beleber mengotori konblok. Ane triak dalam hati... "Aaaaa!!!! 18 ribu gue!!!" asli pengen nangis, nyeselnya nggak ketulungan. Bukan apa-apa itu duit udah pas-pasan banget, sengaja ane beliin jus duren buat ibu yang dari kemaren pengen. 

Sampai rumah "Mi, tadi aku beli jus duren dua... tapi semuanya jebol di jalan" sambil pasang tampang melas biar duitnya diganti #eh. "Ya udah bukan rejekinya" kata ibu ane santai banget. Udah gitu doang. Ya bener juga sih bukan rejeki kali ya. Ane juga ketularan ikut merelakan. Udah lah toh kalo besok belom kiamat ane masih bisa beli jus duren lagi, nunggu gajian tapi :D.

Setelah itu ane merenung dan terinagt pada quote di atas. Yes sore itu ane bikin kesalahan yang sama. Oke anggaplah jus duren yang jatuh pertama kali adalah sebuah kecelakaan. Sudah takdirnya. Tapi yang kedua, ane bisa milih. Milih berhenti buat ngebenerin letak jus dalam kreseknya, atau bahkan membawa jus durennya dengan tangan. Atau ya .. bablas aja meskipun tau bahwa udah hampir pasti jus duren yang satunya bakal jatoh karena dia ada di dalam plastik yang udah jelas jebol. Semua itu pilihan.

Kita bisa menyesali sebuah kesalahan, tapi next  time kita bisa milih untuk berbuat lebih baik. Kita bisa memilih. Hm terus apa dong maksud Allah membiarkan jus duren yang kedua ikutan jatuh? ya... walau ane melakukan kesalahan ane yakin dibalik apapun pasti ada hikmah yang bisa kita ambil. Ada manfaat dari segala sesuatu. Dan hikmah itu adalah, ane bisa nulis tentang ini di blog. Kalo hal bodoh itu nggak kejadian, mungkin ane ga tau what to write about this stuff :)

Happy Sunday ya all

Comments