Prasangka!


Beberapa hari ini ane sedang bertanya-tanya. Apakah prasangka baik itu anugerah? atau satu hal yang bisa diupayakan?

Aku menuruti prasangka hamba terhadapKu, jika Ia berprasangka baik terhadapKu, maka baginya kebaikan, maka jangan berprasangka terhadap Allah kecuali kebaikan. (H.R Bukhori)
 Kalau kita simak hadits di atas sih, naga-naganya yang namanya prasangka baik itu bisa diupayakan. Misal, ane nggak tau kapan pangeran berkuda putih, berkebangsaan amerika dengan rambut pirangnya datang kehadapan ane sambil membawa proposal dan bilang "Will you marry me?", ane nggak tau sama sekali teman, bahkan eyang Suburpun nggak tahu. Tapi... ane tetep meyakinkan diri sendiri bahwa, that imagination bakal kejadian suatu saat nanti. Kadang hati kecil ane bilang "Lu ngarepnya ketinggian deh", tapi ane kembali berkhusnodzon (Prasangka baik) pada Allah "Buat Allah mah cetek ngirimin duplikatnya Michael Buble, yang udah jadi muallaf dan dengan lancarnya ngomong bahasa Indonesia ke hadapan ane. Allah kan maha bisa!" Nah itu salah satu wujud khusnudzhon meskipun rada salah fokus.

Oke, kita benerin dulu fokusnya sekarang. Contoh di atas yang rada ngehe tadi adalah satu hal yang belom kejadian. Belom banget malah... udah lah nggak usah diinget-inget lagi bikin hati resah. Sekarang kita ngomongin sesuatu yang udah terjadi. Gimana kalau sesuatu buruk udah terlanjur terjadi sama kita? Kita ketiban kelapa yang ditunggangin kingkong misalnya. Kurang sakit apa coba? Pegel-pegel? Patah-patah?Pastinya. King kong gitu. Bisa bayangin kan Kingkong segede apa? Hayo segede apa ? King kong ya segede king kong lah haha...

Oke nah abis ketiban kelapa yang ditunggangi kingkong itu, kita punya dua pilihan. Mau marah - marah sama Kingkong, yang bakal pasang tampang bloon karena dia nganggep kalian emaknya yang marah-marah pake bahasa alien. Atau coba khusnodzon terhadap takdir yang nggak seksi banget itu. Kalau kalian milih opsi pertama, selain sakit badan kalian juga bakal dikatain sakit jiwa gegara ngomel-ngomel sama King Kong. Kalau kalian pilih yang kedua, nah mungkin martabat kalian bisa sedikit diselamatkan. Kita coba khusnudzhon terhadap takdir Allah yang satu ini. Eh ternyata setelah kita berkhusnudzhon, dan coba berdamai dengan si KingKong, akhirnya si pemilik KingKong yang notabene duplikat Michael Buble, sudah jadi muallaf dan lancar berbahasa Indonesia , nyamperin kita sambil bawa proposal dan bilang "Will you marry me?" hahahahah... gimana ? hasil dari khusnudzonnya manis banget kan?

Makanya.... buat lo lo pade yang merasa hidupnya sepahit kopi kapal selam (emang empek-empek). Khusnudzon lah... karena siapa tahu, di balik kopi kapal selam itu Allah menyiapkan gula dan creamer yang bakal bikin kopi pahit kita jadi laziz :D

Comments