Beliin Hadiah buat Bocah

Ane nggak nyangka, kegiatan beli hadiah buat bocah ternyata nggak sesimpel yang ane bayangin. Nggak sesimpel ngeluarin upil yang ada di idung dan nggak sesimpel milih jodoh. Kalau masalah jodoh mah, asal dia sholeh, tajir, ganteng udah jelas lah jadi idaman pemudi. Sayangnya yang mendekati sempurna gitu mungkin cuma ada di jamannya Rasulullah dan ane nggak punya time capsule buat balik lagi ke jaman itu jadi intinya, milih jodoh juga susah! #salahfokus.


Lanjut ke masalah milih hadiah buat bocah. Jadi beberapa waktu lalu ane lagi ketemplokan malaikat baik hati. Ane tiba-tiba pengeeeen banget beliin hadiah buat anaknya seorang bapak yang kerja di tempat ane. Abis keliatannya tuh orang sayang banget sih sama anaknya. Nah suatu ketika ada kejadian yang bikin ane trenyuh. FYI si bapak ini bekerja sebagai sales yang masarin roti tempat ane. Gajinya nggak gede-gede amat sih dan Ibu ane mah fleksibel, mau di ambil harian boleh, bulanan boleh asal jangan ditimbun ampe seratus taun aja, keburu duitnya nggak laku. Hari itu dia sengaja minta gajinya yang udah di "tabung" selama seminggu. Dan tiba-tiba dia dapet telpon dari anaknya. "Nanti jadi kan beli kembang apiiii?", Ternyata gaji itu sengaja dipake untuk beli kembang api buat anaknya yang emang baru pengen-pengennya nonton kembang api kayak anak lainnya. Secara bulan ramadhan gini kan, saat yang pas buat ngidupin kembang api, biar ramadhan gak kalah rame ama taun baru.

Ane jadi ngebayangin kerjaan si bapak yang tiap hari masarin roti panas-panas dengan gaji gak seberapa masih buat ngidupin anak istri, plus dikorbankan buat nyenengin anaknya. Sejak saat itulah ane juga bertekad untuk nyenengin tuh bocah. Yah meskipun ane bukan orang yang keye reye, tapi masalah begitu mah cincai laah.

Alhamdulillah emang dasar rejeki si bocah, akhirnya ane gajian juga dan ane melangkah ke salah satu toko mainan.

Sampai di sono ane baru sadar bahwa dalam membeli mainan untuk anak ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. 

1. Faktor usia yang berpengarauh pada ingatan

Si bocah itu cewe umur 4 tahun. Otomatis ane ngiget-inget dong ya apa yang ane suka pas umur 4 tahun. Dari ujung utara sampe selatan ane pegangin semua mainan yang ada di sana. Setiap megang otak ane langsung cuss ke masa 4 tahun. Dan kalian tau apa? gelap sodara-sodara. Ane bener-bener nge blank, ane lupa dulu waktu kecil suka apaan. Yang ane inget sih cuma satu, dulu ane hobby makan kertas. Ga mungkin kan tu anak ane kasih hadiah HVS doang. 

Terus ane inget sama jenis kelamin ane. Oh iya ane cewek, dan biasanya cewek suka boneka. Buktinya satu-satunya mainan masa kecil ane yang masih bertahan di kamar adalah boneka Doraemon besar yang selalu tersenyum meskipun kumis ama matanya udah coplok.

Ya udah deh ane coba PDKT sama boneka-boneka yang ada di sana. Iiih unyu deh jadi pengen beli buat nemenin kucing yang ada di rumah (woy inget niat awal woy). Oke setelah ane pegang-pegang, ane lirak lirik , ane plototin akhirnya ane sampai pada kesimpulan ke dua. Selain faktor usia ada faktor lain yang juga berpengaruh.

2. Faktor ketebalan

Ketebalan di sini tentu saja ketebalan dompet. Hasil dari melototin boneka-boneka itu adalah sebuah keyakinan di otak bahwa tu bocah bakal suka sama boneka yang super lucu itu. Tapi sinyal di dompet ane meronta - ronta, karena percaya nggak percaya, tingkat kelucuan boneka itu berbanding lurus dengan harganya. Boneka yang harganya murah, biasanya punya senyum sinis. Boneka yang mahal biasanya senyumnya terkembang. Yah tingkat kebaikan ane belom sekelas Rasulullah yang bisa itsar. Ane masih mikir-mikir nih, gak bakal langsung nguras dompet buat beliin tu bocah boneka yang muahaaal. Lah masalahnya selama sebulan ane kudu makan apa kalo duit ane cuma buat beli boneka doang? Solusinya? cari alternatif lain. Anak kecil emag suka buneka, tapi dia pasti juga suka yang lain. Masalahnya yag lain itu apa?!

3. Faktor syar'i
Nah setelah dada babay sama boneka yang tersenyum cerah tapi mahal, ane lihat-lihat lagi mainan yang lain. Aha! ada barbie, ih cantik-cantik deh sampe minder ane. Harganya cocok pulak sama ketebelan dompet ane. Tapiiii, ane amat-amatin tuh si berbi. Kok baju dia sexy sexy gitu sih? lagian ane ga suka sama lirikan matanya yang genit. Ah ane gak mau nanggung resiko ah. Entar kalo si bocah kepengen juga pake baju begituan gimana? biar gimanapun anak kecil kan ingatannya kuat. Apa-apa yang kita kasih ke dia musti dipikirin dengan mateng-teng-teng, jadi ketika pun besok gede dia jadi sesuatu yang enggak-enggak (naudzubillah) at least kita nggak berperan di sana. Ane takut sih, besok kalo dia udah gede terus pake baju seksoy seksoy  dia bakal bilang "aku tuh udah pengen pake baju kaya gini semenjak dibeliin barbie sama tante dhita" , males banget kaaaan?! niat baik malah jadi petaka. Udah ah cari yang lain

4. Faktor edukasi
Ini sebenernya masih kontroversi di hati ane sendiri. Apa pasal? kadang ane berpikir, udah lah anak kecil mah cuma pengen maen. Jangan apa-apa diselipin unsur edukasi, jangan apa-apa dipaksa belajar. Tapiii... belajar juga penting kakak...

Oke putar otak, sesuatu yang anak kecil suka, berunsur edukasi, tapi dia nggak ngerasa dipaksa buat belajar. Daaaan keputusan ane jatuh pada dua hal. Apakah itu??

Ya betul (kaya lo tau aja)

Benda itu adalah pensil warna dan buku mewarnai ... hahahaha

cukup cerdas kan pilihan ane?

(sebenernya dalem hati bertanya-tanya, anak 4 taon dikasih buku mewarnai tuh terlalu berat gak sih buat dia?)

ah sudahlah, semoga dia senang :D

Comments