Keluarga Baru Itu Bernama ODOJ FB



ODOJ atau One Day One Juz, ane lupa kapan tepatnya program ini merebak. Tapi yang jelas, mas Cahyo manager Fatih lah yang jadi kompornya. Tiap hari mas Cahyo selalu promosi tentang One Day One Juz. Share artikel tentang ODOJ di group WA Fatih Family. Awalnya ane berfikir. Ya elah, baca Qur'an aja musti dipamerin kemana-mana. Ane yang nggak baca Qur'an aja diem #eh. 


Dan nggak cuma itu tiap hari promosi datang bertubi-tubi. Di WA terutama. ODOJ jadi kaya wabah yang menular. Ane diajakin sana sini buat gabung ODOJ. Tapi yah, yang namanya Pak Hidayah belum nongol, ane mah slonong boy aja. Males. Mending baca sendiri. Diresapi sendiri. Nggak usah lah lapor-lapor. Lapor ke Allah aja. Cukup. Ane merasa, alah paling cuma tahan sebentar lapor-laporannya, besok juga pada gugur satu persatu. *I know I was so so so cruel #selftimpuk

Tapi, di suatu senja di musim yang lalu, waktu itu hujan rintik... (loh malah nyanyi Widuri). Tetiba ane baca statusnya mbak Ananda Ika, dan saat itulah dalam seumur hidup ane, ane merasa jadi facebooker ada gunanya juga. Mbak Ika sharing tentang pertemuan ODOJERS Jogja di GOR UNY. Nah Pak Hidayah baru nongol nih, entah kenapa ane pengen dateng. Yah, oke awalnya ane berprasangka bahwa yang ikutan ODOJ adalah orang-orang yang suka pameran amal. Tapi, pada kenyataannya kan mereka baca Al-Qur'an, mau pamer kek mau kaga, yang jelas mereka baca Al-Qur'an setiap hari khatam satu juz lagi, bahkan mungkin lebih. Pasti auranya hangat banget nih deket-deketan sama orang yang senang membaca Al-Qur'an. Hangat loh ya, bukan panas... emang ane apaan? :p

Nah, ane tanya sama mbak Ika tentang grup dia. Dan tiba-tiba, taraaaa ane udah dimasukin ke grup ODOJ Facebook.

What?

Kaget.

Banget.

Shock!

Lebay

Kaget yang pertama adalah, loh kok secepat itu dimasukin ke grup (Ane belom siap cynt) . Kaget yang kedua, kok facebook sih? bukannya WA ya? *Oh mungkin FB ini semacam tempat transit kali. Nanti dipindah-pindahin. Kaget yang ketiga... lah ini grupnya heterogen, campur ikhwan-akhwat. Amazing sekali sodara-sodara.
Terus si PKS Karawang yang ane sinyalir sebagai admin, nanya "Hari ini udah siapkah untuk satu juz?" eng ing eeng... jangankan hari ini, besok juga kayaknya ane masih belom siap. Ane harus adaptasi dulu.

Tapi fren, berhubung ane nggak enak, catet NGGAK ENAK, ane akhirnya memutuskan untuk khatamin satu juz. Di tengah kesibukan ane yang super padat; pemotretan (pake HP sendiri), fitness (nyapu rumah), bersosialisasi (sama kucing-kucing),  dan sebagainya. Amazingnya adalah... ane khatam loooh. Waw. Ini progres yang luar biasa dan perlu dirayakan sodara-sodara! Biasanya ane baca paling berapa lembar gitu.

Tapi besoknya ane colaps, ane kagetan lihat orang-orang yang Subuh udah pade khatam. Terus pada lapor gitu dengan santainya "Juz 13 kholas, juz 8 alhamdulillah, juz 10 selesai, juz apel, mangga, jambu (kemasukan penjual juz :D) Ane ngerasa, ya Allah hina banget yak gue.. Itu manusia-manusia di negri matahari terbit ude pada khatam. Aduh kayaknya aku tak pantas di tempat ini, aku terlalu kotor, aku harus keluar! (FYI, Anggota grup ane memang banyak yang lagi mukim di Jepang. Iya Jepang yang dulu pernah ngejajah kita. Inget kan? JASMERAH)- Dan ane baru inget, subuh di Indo, berarti di sana uda sekitar setengah tujuh gitu yak?

Ane nakal, ane kabur, ane nggak laporan karena nggak baca satu juz. Udah pokoknya ane menghilang. meskipun begitu ODOJ ane jadikan tema siaran. Kebayang kan orang yang ngomong tapi  nggak ngejalanin? Hampa men hampaaa. Istilah kerennya sih, nggak nge ruh. 

Ya udah deh, ane tengok-tengok lagi tuh FB messanger. Wah pada semangat ya baca Qur'annya. Jadi malu. Apalagi teh Umi sebagai admin yang menggantikan pak Mustakim aka her hubby, sampe bela-belain nge pm ane. Ane kaya anggota keluarga yang kabur terus diminta pulang. Ane terharu. Akhirnya ane mantepin tekad. Terserah orang mau ngemeng apa juga, bodo amat sama pikiran-pikiran negatif yang ada di kepala, pokoknya ane niat mau ngelanjutin ODOJ. In case di tengah jalan kaga kuat lanjut ane bakal minta tolong ke temen-temen di grup buat ngelanjutin. Bukankah itu gunanya keluarga? saat yang lain sedang kerepotan misalnya, sampai harus kudu baget nggak bisa khatam 1 juz, ada yang lain yang siap melanjutkan. Nggak pake nyinyir, nggak pake nyindir. Subhanallah. 

Dan ketika dalam sehari bisa khatam semua, terus kita khatam 30 juz tuh bener-bener bikin excited. Dan ane rasanya bahagiaaaa banget kalau udah ada doa khatam Qur'an yang ditulis buat nutup sesi malam itu. Bobok rasanya nyenyak. Kalau besoknya mau macem-macem nggak khatam satu juz, rasanya jadi menyesal karena berarti kita nggak bisa khataman bareng :( Super lah, yang penasaran musti coba.

Tuuh, yang udah khatam dapet jempol. Tapi sesuai selera PJ sih, besok kalau ane jadi PJ mau ane kasih gambar kucing

Alhamdulillah ODOJ ane terus berjalan. Dan ternyata nyicil baca sambil siaran asik juga loh. Tiap muterin satu lagu, ane bisa dapet satu halaman. Bayangin kalau ane muter 12 lagu. Berarti tinggal 4 lembar lagi yang harus ane baca. Nyatanya ditengah kesibukan begitu juga bisa. Dulu sebelum ODOJ, biasanya pas muter lagu ane keluar dari call box, makan -menggemukan tubuh. Sekarang alhamdulillah ada kegiatan lain (iya sebut aja ane lagi pamer :p).

Selain itu pas ane iseng-iseng ngajakin adek, ternyata dia mau. Waaw, dan percakapan kita yang biasanya hanya bertema kucing sekarang nambah "Dek, kamu hari ini udah khatam beyum?", iiih so sweet kaan.

Di grup ODOJ FB ini ane menemukan saudara baru. Keluarga baru. Temen yang bisa ngingetin dalam kebaikan. Tanpa kata-kata yang sok menggurui, cuma pake jempol-jempol atau laporan, hal itu udah bikin ane semangat untuk bisa khatam (ya meskipun kadang masih suka telat lapor sih... ampuni Baim ya Allah ^^v) Jarak kita boleh aja jauh tapi Allah kita tuh ada disetiap hati kita dan Beliau yang mempersatukan kita. Aseek.

Sejarah ODOJ FB (Bacanya pakai suara Doraemon)

Buat kalian yang penasaran dengan ODOJ FB.... Inilah sejarahnya.... tetoooot #alaalaRidwanKamil

 Langsung ane copas dari grup. Dan yang menulis ini adalah pak Mustakim.

Berawal dr keinginan bu Lia utk membuat odoj bg majelis ta'lim.. yg ga punya android/bb .. kmudian sy menemukan komentar mas Tri ttg tmn2 di jpg ingin gabung di odoj.. Akhirnya sy teringat dgn FB mesenger yg scara teknis sama dgn WA.

Kmudian sy coba tawarkan di tread fb ttg odoj via FB.. & yg merespon pertama adh mas Tri & kang Ismail..

Bu Lia jg merekomendasikan tmn2 FB nya utk di add.. hingga jadilah gruop odoj spt skrg ini.. dgn pergantian member 
So, kesimpulannya, ODOJ ini dibuat untuk memfasilitasi temen2 yang pengen ikutan Ngejuz tapi nggak punya WA. Atau punya WA tapi nggak punya pulsa. Yah apapun lah. Selain itu, patut diketahui, program ODOJ ini peminatnya buanyaaaak bingit, sampai inden-inden dan mungkin admin pusat rada kewalahan, maka yang daftar via WA responnya tidak terlalu cepat. Buat yang belum punya grup sok atuh, menjadi keluarga kami, uang kontrakan kita tanggung bareng #eh. Pokoknya yang mau gabung bilang aja, nggak usah malu-malu, nggak ada ospek kok. Di grup kami sekarang ada 30 orang. Kalau udah genap 60 dan ngepas ikwan -akhwatnya kemungkinan kedepannya akan dipisah. Yah, nanti kita lihat aja lah perkembangannya. Yang penting kamu gabung dulu, untuk kedepannya bisa kita bicarakan, tapi saya yakin kamu akan ngerasa cocok kok #laaah ngomongin apa ini :D

Pokoknya makasih berat buat mbak Ika yang udah masukin ane ke grup. Pak Mustakim dan teh Umi yang udah meluangkan waktu buat ngurusin 28 kepala manusia ini. Dan teman-teman di grup yang senantiasa menyemangati. Bahas Jepangnya Kalian keren sekali apa? ane cuma tau itadakimasu nih :p

Akhiru kalam...

ini fb the very sweet couple admin of ODOJ FB. Kontek mereka yaaak yang mau gabung.

Umi Ummu Asma

Moh Mustakim

Bye... ^^


Comments

Post a Comment