Kita Adalah Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Kita

Halah, panjang bener judulnya. Kaya mau serius aja, musti panjang prosesnya #eh (ini ngomongin apa?). Hm, judul di atas ane buat berdasarkan perasaan terdalam yang ane rasakan. Buat labiler sperti ane, bacanya harus disambung dan disampaikan dengan elegan ya "labiler", bukan lab-iler (kesannya jorok aja), faktor eksternal setidaknya memegang peranan penting dalam membentuk pola pikir. Mulai dari film, musik, sampai buku bacaan. Hal-hal itu bisa membuat ane goyah pendirian. Jadi kalau diibaratin sesuatu, mungkin ane ibarat bulu ketek gondrong di tangan seseorang yang sedang direntangkan. Kalau ada angin utara ya ke utara, kalau angin ke barat ya kita ikut ke barat mencari kitab suci (kalimat ini disponsori oleh Sun Go Kong).

Beneran deh, yeah ofkors nggak sampe yang frontal kaya baca bible terus pindah agama. Nggak lah ya, kalau masalah keyakinan selalu ane pegang teguh, ngehek-ngehek gini ane sholat nya tetep 5 kali *jiah yang pake sunnah aje kaga nyombong. Untuk perkara-perkara wajib dalam agama ane juga nggak akan goyang inshaaAllah, kaya pakai jilbab, terus... nggak pacaran (Sungguh, ini bukan karena nggak ada yang mau sama ane. Yang ngantri banyak sebenernya, cuma begitu ane lihat kok pada bawa jerigen, astaga ternyata mereka ngantri minyak tanah -_-', jadi intinya gue nggak lebih menarik dari minyak tanah, gitu? OKE FINE!)

Nah yang sering bikin ane goyah adalah perkara-perkara syubhat. Yang setelah ane sadari makin ane tua, makin berumur, bukannya makin jelas, eh malah makin nggak tau diri. Dulu banget pas awal-awal berjilbab, lagi semangat-semangatnya berislam, ane seneng  tuh dengerin nasyid, ane bersemangat untuk mengganti kesukaan denger lagunya Agnes want to get married alias Angnes Monikah dengan lagu-lagu dari Brothers, Raihan. Sekarang, ketika ane ngerasa... ah nasyid gitu-gitu mulu ah. Bosen ah, menye-menye ah, ane balik lagi dengerin lagu nya Justin Timberlake, Ariana Grande, dan yang tentunya tak boleh terlupa Michael Buble (ehem). Ane nggak tau di mana letak chaosnya. Apa pada grup nasyid yang memang nggak mau mengikuti perkembangan jaman (yah kita semua berkembang kan? termasuk badan #JROT). Atau karena kuping ane yang digondeli setan, ah sepertinya dua-duanya. Tapi ane memang merasa kalau nasyid gitu-gitu aja, dibuat seadanya, ya sampai kapan juga nggak akan merengkuh segmen generasi muda. Oke, I know, I know, harusnya ane lebih bayak denger murotal ketimbang musik. Makanya itulah kenapa ane bilang kita adalah faktor eksternal yang mempengaruhi kita- kalau sampai sekarang ane masih suka galau, ane akui karena ane nggak pinter pilih bahan buat didenger.

Faktor eksternal berikutnya adalah film, yang satu itu udah ane bahas jlentrek-jlentrek di sini.

Langsung aja, untuk mempersingkat waktu, karena habis ini ane masih ada syuting selfie :p ane bakal bahas ke faktor eksternal ke tiga, BUKU BACAAN. Pas ane SMP dulu, lagi-lagi pas awal kenal Islam, ane membatasi bacaan ane hanya pada buku-buku Islami. Novel-novel islami, buku-buku pro-u. Pikiran ane pun terbentuk di situ, oh jadi Islam tuh gini toh. Oh, jadi laki perempuan yang bukan mahram nggak boleh pegangan toh. Tapi makin ke sini, saat keinginan jadi penulis itu muncul, ane mulai membuka diri untuk baca buku yang lain. Ane mulai sok nyastra. Sok suka bukunya Pramoedya, Dee, Clara Ng, sampai ane nggak sadar bahwa dari sekian banyak yang ane baca nggak ada yang secara spiritualitas "membangun" ane. Semua  dengan gayanya, menulis sesuatu yang biasa ada dalam kehidupan, tanpa ada suntikan nilai-nilai agama. Ane jadi terbiasa dengan hal itu. Ane jadi mencintai genre romance, menuliskan rasa-rasa terpendam yang tak tersampaikan. Dan setelah ane coba merenung ulang, kayaknya kesalahan terletak pada niat. Ane masih terlalu duniawi. Memandang segalanya dari selera pasar. Ane terjebak pada ego diri, gimana caranya supaya tulisan disukai. Ane lupa menyisipkan sebuah ideologi yang bisa membuat orang jadi lebih baik. Ah picik sekali. Sampai suatu saat, ada twit dari ust Faudzil Adzhim yang makjleb-jleb banget, kurang lebih begini "Tidak penting punya banyak buku, yang penting apakah buku itu akan menghasilkan amal jariyah atau dosa jariyah", at that time ane sedang bikin outline novel, yang sepertinya akan meninggalkan dosa jariyah. Ya Allah... kok gini banget sih ya. Langsung aja tanpa ba bi bu ane nggak berniat lagi lanjutin atau ngembangin novel itu. Ane nggak minat lagi untuk ngejual R.E.T.A.K. Takut kalau apa yang ane lakukan sia-sia. Dan lebih jleb lagi saat hari ini ane iseng beli buku karya anak 18 tahun terbitan DAR Mizan. Malu banget, anak sekecil itu bisa nulis sesuatu yang bernilai nasihat tinggi dengan bahasa sederhana. Niat... ya niat dan ego jadi sandungan yang luar biasa besar meskipun nggak kelihatan. Baiklah. Ane coba perbaiki dulu supaya hati dan kehidupan ane nggak gitu gersang dan hampa.

Tapi ada satu hal sih yang mungkin rada berubah. Dua hari kemarin digodog di jangungan pro u media, ada hal fundamental yang mempengaruhi ane. Ya masih masalah niat itu tadi. Dulu mungkin ane norak banget ya, bikin tulisan supaya tulisannya disukai orang, sewot ketika udah capek-capek nulis tapi nggak ada yang baca. Now, ane udah bisa bilang. Huh like I care. Ane nulis ya nulis aja. Nulis sesuatu yang pake dipikir dulu sebelum ditulis. Apakah akan berguna atau cuma jadi sampah aja? apakah bakal mencerahkan ketika ada orang yang "sudi" baca, atau yaah... cuma bikin orang itu tambah galau. Ya, udah saatnya semua dipikirkan (dulu lo kemana aja woy!). Orang kan butuh proses, dalam hal nulis ibaratnya ane baru bertransisi dari masa jahiliyah, yah mungkin ini adalah saatnya tulisan ane berjilbab juga kayak yang nulis. Wataaaa!!!!!

Comments

Post a Comment