Berandal Dari Kacamata Cimat Cimut


Peringatan : 
REVIEW yang ane bikin ini bakal nyebelin karena ane akan bercerita layaknya emak-emak penonton sinetron yang nggak pernah berhenti komen (ngomenin hal ga penting) saat nonton film. Terus lebih nyebelin lagi karena ane hanya ingat nama pemainnya bukan nama perannya haha.

Berandal. Ane cukup excited nonton film ini karena pujian terus mengalir ke film yang dibintangi oleh  Iko Uwais. Dulu ane nggak nonton The Raid (Serbuan Maut) karena ane rada anti sama adegan berdarah-darah. Tapi untuk yang satu ini entah mengapa ane merasa "nggak menghormati" karya anak bangsa kalau ane sampai nggak nonton.

Well well... mau mulai dari mana ya reviewnya .


Pemain 

Jujur ane merasa bahagia saat menonton pemain yang biasanya beradegan menye-menye, sekarang bermain gahar di Berandal. Untuk pemeran utama semacam Iko, Mad Dog dll nggak usah dibahas lah ya.

Ane pengen menyoroti mbak Julie Estelle. Surpise banget pas dia nongol di tengah film. Gareth Evans berhasil menyulap sosok lembut nan cantik ini jadi hammer girl yang beh beh beh... psikopadnya parah. Bahkan menurut ane adegan paling horor selama film berlangsung ya adegannya Julie Estelle ini. 

Di ambil di sebuah kereta. Julie membawa dua hammer di tangannya dan menghabisi semua anggota mafia yang ada di sana. Nggak usah ane ceritain kan kalau hammer itu bisa buat nyongkel kepala orang. Ngehancurin tulang-tulangnya dan memuncratkan darah ke seisi kereta?

Selain Julie yang bikin ane bertahan buat nonton Berandal sampai selesai adalah Arifin Putra. Ane sebel banget kalau si mamas ini main film drama. Apalagi sok jadi orang lemah gitu. Semacam mubadzir kegantengannya. Tapi di Berandal Arifin bisa jadi sosok yang tengil, nyebelin, bossy, dia jadi macho karena berani main-main pistol dan berantem dikit-dikit. Yah setidaknya, hal itu membuat kegantengan Arifin lebih memancar. Pertahankan!

Ada juga Marsha Timothy... dia berperan jadi istrinya Mad dog. Bayangkan?

Adegan Senggol Bacok

Ane nggak nonton Serbuan Maut. Jadi ane nggak bisa compare keganasan adegan senggol bacok di Berandal dengan yang di sana. Tapi adegan-adegan senggol bacok yang identik dengan bunyi crooot! karena pasti memuncratkan darah berhasil bikin ane tutup mata berkali-kali. Mulai dari penumpukan mayat di penjara. Tusuk tangan di tembok. Sampai aksi samurai Mad dog yang menghujam punggung seseorang sampai nembus ke pager.

 Selain aksi Julie Estele di kereta, adegan yang berhasil bikin ane merem adalah saat Arifin Putra mengeksekusi sekitar 5 atau 6 cowok-cowok mantan temen dia di penjara dengan cuter. Sambil ngobrol sama Alex Abad, tangannya aktif menyembelih oang-orang itu dengan cuternya... iya cuter yang buat ngeruncingin pensil itu loh. Ane juga nggak nyangka cuter bisa berguna buat bunuh orang.

Plot

Nah ini nih yang seru, plot menjadikan nilai Berandal jatuh sejatuh-jatuhnya di mata ane. Bukannya gimana-gimana tapi ane merasa film ini tidak menyelesaikan masalah. Apakah akan ada The Raid 3? ane nggak tau. Dan apakah memang seperti itu karakteristik film laga? ane juga nggak tau.

Yang jelas hampir 2.5 jam nonton, saat credit title mulai dimunculkan ane cuma bisa melongo "Udah gitu doang?"

Ya kalau gitu doang mah, apa fungsinya si A, si B? Kenapa ceritanya harus dibuat ribet jadi begina begitu kalau ujung-ujungnya cuma begitu doang.

Yaaah gitu deh. Untuk penikmat plot dan alur cerita film ini pasti mengecewakan. Tapi buat pecinta adegan senggol bacok yang lebih suka ke to the point an... ane rasa Berandal akan bernilai tinggi.

Dewasa

Seperti yang sudah dikategorikan. Film ini masuk dalam kategori dewasa 1. Karena adegan senggol bacoknya. 2. Karena adegan dewasa lainnya (meskipun ga banyak tapi lumayan bikin euh).

Kejadian lucu saat di bioskop

Ada sebuah adegan di mana Iko bertarung sengit dengan lawannya. Dan itu memakan waktu sangat lama. Hampir 15 menitan mungkin. Pertarungan yang mendebarkan itu sebagaimana bisa diduga dimenangkan oleh Iko. Dan tau apa? beberapa penonton di kursi belakang bertepuk tangan. Persis kaya nonton badminton yang berhasil oper-operan lama dan akhirnya salah satu pemain kena smash!

Rate : sebagai penikmat alur ane cuma bisa kasih 2.5 / 5 sorry.

gambar : google.com

Comments