Secangkir Coklat Panas Di Pagi Hari



Ada hal-hal kecil yang bisa kita lakukan di awal hari, untuk membuat perasaan kita senang. Memang tidak bisa menjamin apakah hal itu akan mempertahankan mood kita sampai penghujung hari. Membuat masalah tiba-tiba lenyap dan menggantinya dengan ceria. Tapi setidaknya ketika kita mengawali hari dengan kebahagiaan, maka kita telah mengawalinya dengan kebaikan.

Itulah yang membuat saya bersyukur sebagai muslim, bahwa shalat subuh dikerjakan sangat awal, sebelum kita bertemu dengan banyak orang, sebelum kita banyak mendapatkan suntikan emosi dari luar. Kita diminta untuk menenangkan diri dulu, dengan gerakan-gerakan ringan yang diulang, lalu duduk bersimpuh, berterimakasih atas nafas yang masih ada, serta memohon bekal keselamatan dan kebahagiaan untuk menjalani hari. Kita meramu emosi positif, sebelum, saat dan setelah shalat. Untuk kedamaian di dalam yang akan ditularkan ke luar, pada orang-orang yang nantinya bertemu kita setelah pintu rumah ditutup. :)

Selain itu hal-hal kecil lain yang bisa kita lakukan adalah, memberi hadiah pada diri sendiri, untuk hari ini saya memilih secangkir coklat panas sebagai hadiah. Saat menulis tulisan ini saya sedang merebus air untuk menyeduh coklat bubuk, hm... saya sudah bisa membayangkan bagaimana bau coklat itu setelah diseduh nanti, saya bahkan bisa membayangkan rasanya. Menurut saya coklat adalah minuman yang tepat untuk mengawali hari, terlepas dari unsur-unsur kimia yang sering menjadi bukti shahih bahwa coklat memang minuman kebahagiaan. Saya suka minum coklat panas, karena rasanya, dan baunya itu saja. Tidak ada filosofi coklat yang saya buat untuk membuat minum coklat lebih bermakna. Saya hanya suka rasanya, baunya, dan pagi ini saya sedang ingin itu saja.

Ya, mengawali hari dengan sesuatu yang kita suka dan inginkan adalah pemantik kebahagiaan dan senyuman. Maka lakukanlah apapun yang bisa membuat kebahagiaan Anda ON di pagi hari, sehingga nanti kita hanya perlu menjaganya tetap hidup, hingga ujung hari, sampai kita selesai berutinitas, pulang dan beristirahat, sehingga kita bisa tidur dengan tersenyum. Bersiap untuk mengawali hari lagi di esok hari dengan kesyukuran dan kebahagian yang naik tingkat dari hari kemarin.

Ups, sepertinya air saya sudah matang, saya buat coklat dulu ya. Selamat menikmati pemantik-pemantik kecil kebahagiaan untuk Anda sendiri. 

*Terimakasih pada Bonita and the hus band yang menemani saya membuat tulisan ini dengan musik positifnya. Sehingga saya bisa lebih relax dan senyum-senyum sendiri dari tadi :D

** pict : weheartit
     edited with : canva.com 

Comments