Memborong Produk Sehat di Grebeg Lebaran UKM DIY

Akhir pekan, saatnya rehat sejenak dari aktifitas harian untuk mencari inspirasi di luar. Pagi ini saya dan Salim ditemani Mbah Kakung memutuskan untuk jalan-jalan ke pasar Grebeg Lebaran yang diadakan di Alun-Alun Sewandanan Pakualaman Yogyakarta. Pasar Grebeg Lebaran ini merupakan pameran produk-produk UKM DIY yang diselenggarakan oleh Dinas Koprasi dan Usaha Kecil Menengah DIY bekerjasama dengan PLUT-KUMKM DI YOGYAKARTA







Pagi jam delapan Salim sudah mandi, wangi, rapi dan siap berangkat. Tinggal ibu dan simbahnya bersiap-siap. Pasar buka pukul sepuluh, dan kami berangkat sekitar jam sembilan mengingat jarak dari Denggung ke Pakualaman yang lumayan.

Pukul sepuluh lewat sedikit kami sampai di lokasi. Saya sudah tidak sabar untuk masuk dan melihat-lihat, karena biasanya setiap datang ke pameran UKM saya selalu menemukan barang-barang menarik.

Dan ternyata pasar Grebeg Lebaran kali ini memang penuh dengan kejutan. Baru saja akan melangkahkan kaki ke area pameran sayup-sayup saya mendengar suara penyanyi yang tidak asing di telinga. Begitu melihat ke panggung utama, saya tersenyum, benar dugaan saya, rupanya pengisi acara hari ini adalah teman sendiri.

Kami bertiga lantas masuk ke area pameran, saya meninggalkan Mbah Kakung dengan Salim yang dicegat oleh teman- teman dari IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia), biarlah mereka ngobrol, saya mau jalan-jalan.


Stand Tani Hub bagaikan magnet bagi saya. Buah-buahan yang mereka tata dalam tenggok dan keranjang benar-benar menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Semuanya serba segar. Ada pepaya, ketela, jeruk baby, jeruk siam, melon, semangka, lemon, aduh-aduh saya yang baru mulai untuk hidup sehat ini, rasanya ingin memborong semua.

Iseng-iseng saya tanya pada mbak penjaga Tani Hub, katanya, Tani Hub adalah sebuah aplikasi jual beli produk pertanian yang bisa diunduh di play store. Jadi kita bisa beli produk pertanian mulai dari buah, sayur, dan juga hasil ternak langsung dari petani tanpa harus keluar rumah. Tinggal klik di aplikasi maka pesanan kita akan diantarkan. Wow! Solutif ya, hal ini tentu menguntungkan petani karena memutus rantai distribusi yang panjang juga menguntungkan pembeli karena menghemat waktu. Angkat topi untuk teman-teman yang menggagas Tani Hub, hasil bumi Indonesia yang melimpah memang perlu dikelola dengan cara cerdas. Nanti bisalah sama-sama kita install Tani Hub agar tak ada alasan tidak makan buah hanya karena mager (males gerak).


Selepas dari Tani Hub saya menghampiri stand Sabila Farm. Di sana ada pak Ambang. Pak Ambang adalah kawan kami di Aspartan (Asosiasi Pasar Tani) bedanya Pak Ambang dari Aspartan DIY sedangkan kami dari Aspartan Sleman. Sabila farm terletak di Jakal, buah yang dihasilkan di sana bermacam-macam, mulai dari buah naga, lemon, srikaya, dll
Berdadarkan hasil ngobrol dengan Pak Ambang, rupanya Sabila Farm bisa memasok buah naga ke daerah Jabodetabek dengan jumlah cukup besar, kereeen! Agak lama saya berada di stand Sabila Farm sebelum akhirnya kepincut dengan lemon lokal yang katanya tanpa biji, lebih berair, dan agak manis hmmm...Pak Ambang pintar promosi ya. Belilah saya dua lemon lokal dan satu kukis sehat yang ueeenaaak (Busui icip-icip karena tidak puasa hehe). Mungkin rejeki ramadhan ya, beli dua lemon eh dibonusi dua lagi. Alhamdulillah matur nuwun Pak Ambang, laris manis ya.





Rasanya saya tidak boleh lama-lama di pasar Grebeg Lebaran ini, takut khilaf, apa-apa ingin dibeli. Mulai dari produk makanan sampai produk fashion and craft semua menggiurkan. Tapi baru saja mau mengajak Mbah Kakung pulang, eh Mbah Kakung sudah dipanggil MC untuk nyanyi di panggung utama. Akhirnya Ibu dan Salim duduk menikmati penampilan Mbah Kakung yang menyanyikan lagu Sewu Kutho. Seru deh, ibu juga ingin nyanyi tapi takut pengunjungnya kabur hehe.



Turun dari panggung kami harus benar-benar pulang nih, sudah hampir dzuhur juga. Tapi lagi-lagi di perjalanan hendak keluar area pameran, kami kecantol di stand olahan serba kelor, icip-icip lagi deh. Katanya daun kelor itu punya segudang manfaat lo. Salah satunya untuk anti kanker. Dulu saya pernah rutin makan sayur daun kelor, bagus sekali untuk ASI booster. Kalau teman- teman takut rasanya aneh, jangan khawatir daun kelor ini sudah diolah jadi makanan enak, seperti nastar, bakpia, bahkan bakso.




Terakhir, Mbah Kakung mampir ke stand herbal, beli beras kencur untuk buka puasa.

Ah akhirnya perjalanan kami di sini usai juga. Lumayan banyak bawa oleh-oleh produk sehat UKM untuk yang ada di rumah. Bagi teman-teman yang ingin bekanja ke Grebeg Lebaran, belum terlambat, masih ada hari esok ya, dari pukul 10.00 -- 17.00 wib. Ada bazar sembako murah dan produk UKM berkwalitas. Selamat jalan-jalan dan bela beli produk lokal untuk lebaran




Comments